You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Legislator Dari Dua Daerah Pelajari Tupoksi Bamus DPRD DKI
.
photo Maulana Khamal Macharani - Beritajakarta.id

DPRD dari Dua Daerah Pelajari Penyusunan AKD dan Tata Beracara

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kota Pangkal Pinang, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Kita perlu menyelaraskan kegiatan,

Kunker legislator dari dua daerah tersebut dimaksudkan untuk berkonsultasi mengenari berbagai persoalan kedewanan seperti, penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) khususnya mekanisme penyelarasan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Badan Musyawarah (Bamus) dan tata beracara.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pangkal Pinang, Djubaidah mengatakan, Bamus menjadi instrumen penting untuk menjalankan kinerja kedewanan dalam menentukan berbagai kegiatan yang berkenaan dengan legislasi daerah.

DPRD DKI Terima Kunker Legislator dari Tujuh Daerah

"Kegiatan-kegiatan yang ingin kita bahas perlu juga dikonsultasikan dengan DPRD lain, jadi kita sekalian sharing teknis beracara dalam Bamus," ujarnya, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (18/10).

Menurutnya, mekanisme pembahasan Bamus yang dijalankan DPRD DKI Jakarta tidak jauh berbeda dengan di Pangkal Pinang, setiap kegiatan dijadwalkan melalui Bamus.

"Kita perlu menyelaraskan kegiatan agar tidak berbenturan dengan agenda Eksekutif juga. Ada kesamaan, makanya kita saling belajar, istilahnya menyelaraskan karena kita sama-sama DPRD," terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Hasan Basri Umar menyarankan agar DPRD Kota Pangkal Pinang dan Minahasa Tenggara menyederhanakan partisipasi anggota Bamus untuk mencapai kuorum mengingat tingginya kegiatan dewan setelah AKD terbentuk.

"Kalau pakai tingkat kehadiran anggota Bamus itu pasti lebih sulit karena bisa saja banyak kegiatan dewan dalam waktu bersamaan. Sebaiknya, kuorum didasari dengan keterwakilan jumlah fraksi yang ada di DPRD berdasarkan asas musyawarah mufakat di masing-masing fraksi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye5485 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4656 personNurito
  3. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3797 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Juru Parkir Liar di Minimarket Bakal Ditertibkan

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3782 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BBPOM DKI Gelar Pelatihan Fasilitator Pasar

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3688 personFolmer