You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ratusan Gubuk Di KBB Dibakar
Upaya pembersihan ratusan gubuk liar di dalam Kanal Banjir Barat (KBB), Tanah Abang kembali dilakukan. Kali ini gubuk liar yang digunakan sebagai tempat esek-esek tersebut bukan lagi dibongkar tapi langsung dibakar ditempat..
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Ratusan Gubuk Liar di Tanah Abang Kembali Ditertibkan

Satpol PP kembali menertibkan ratusan gubuk liar yang berlokasi di sepanjang bantaran Kanal Banjir Barat (KBB) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (19/1). Penertiban ini merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menormalisasi KBB.

Setelah semua selesai ditertibkan, kali akan langsung dikeruk. Hal ini agar warga tidak lagi membangun gubuk di lokasi tersebut

Pantauan beritajakarta.com, di tengah guyuran hujan deras, sekitar 600 personel gabungan sejak pagi hari sudah mendatangi bantaran KBB. Hampir seluruh gubuk liar itu sudah tidak berpenghuni karena para penghuninya sudah mengetahui rencana penertiban ini.

Saat akan mulai membongkar, mendadak dari sekitar lokasi muncul puluhan warga yang melempari petugas Satpol PP dengan batu dan benda-benda lainnya. Khawatir jatuhnya korban jiwa, petugas sempat mundur beberapa saat.

PKL Jl Jati Bunder Segera Ditertibkan

Setelah mendapat bantuan dari TNI dan Polri akhirnya petugas Satpol PP mulai membongkar ratusan gubuk liar itu dengan peralatan manual. Gubuk yang umumnya terbuat dari bahan material bekas itu kemudian diangkut menggunakan 24 truk yang telah disiapkan.

Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menjelaskan, penertiban ini merupakan salah satu upaya normalisasi KBB. Selain itu agar sekitar KBB lebih tertata dan tidak kumuh.

"Setelah semua selesai ditertibkan, kali akan langsung dikeruk. Hal ini agar warga tidak lagi membangun gubuk di lokasi tersebut," ujar Mangara.

Kepala Seksi Operasional Satpol PP Jakarta Pusat, Maruli Sijabat menambahkan, dalam penertiban ini pihaknya mengerahkan 400 petugas Satpol PP dan 200 petugas gabungan dari TNI, Polri, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Kebersihan dan Dinas Pekerjaan Umum.

"Penertiban ini merupakan upaya lanjutan dari penertiban sebelumnya. Kami berkomitmen untuk membersihkan sekitar KBB dari gubuk liar serta penyalahgunaan peruntukkan," jelas Maruli.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1097 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito