You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tenaga Medis 6 RSUD di DKI Dilatih Tangani Pasien Kanker veronica
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Tenaga Medis 6 RSUD di DKI Dilatih Tangani Pasien Kanker

Sebanyak 30 tenaga medis dari enam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di DKI Jakarta ‎akan diikutsertakan dalam program pelatihan perawatan paliatif kanker selama tiga tahun ke depan sejak Februari 2015. Pelatihan peralatan paliatif kanker itu nantinya dilakukan langsung ahli medis dari Singapore‎ International Foundation (SIF) dan Singapore International Volunteers (SIV).

Kita ingin pasien kanker dapat dilayani dalam perawatan paliatif secara berjenjang. Di mana pasien bisa dirawat di rumah

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Veronica Tjahaja Purnama mengatakan, sejak 2014, pihaknya telah mencanangkan program peningkatan khusus penderita kanker dengan memberikan pelatihan kepada calon tenaga perawat untuk Pusat Pelatihan Perawatan Paliatif.

“Selama ini kita kekurangan tenaga medis, baik dokter maupun perawat yang tersertifikasi dalam praktisi perawatan paliatif. Jadi kami menyambut baik kerja sama antara YKI DKI dengan SIF ini," ujar Veronica usai penandatanganan nota kesepahamanan Program Pelatihan Perawatan Paliatif Kanker antara YKI DKI dengan SIF di Balaikota, Selasa (20/1).

Veronica menjelaskan, program pelatihan perawatan paliatif dapat membantu pihaknya menciptakan sistem rujukan perawatan paliatif secara berjenjang mulai dari rumah pasien kanker, puskesmas, RSUD hingga rumah sakit milik pemerintah pusat. "Kita ingin pasien kanker dapat dilayani dalam perawatan paliatif secara berjenjang. Di mana pasien bisa dirawat di rumah," tuturnya.

Atas dasar itu,kata Veronica, anggota keluarga dari pasien yang melakukan perawatan di rumah harus didukung dengan tenaga ahli di bidang kanker. Jika perlu anggota keluarga pasien kanker bisa dilatih melakukan perawatan paliatif.

Kepala Dinas Kesehatan DKI, Koesmedi mengungkapkan, 30‎ tenaga medis yang akan dilatih perawatan paliatif berasal dari RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Budhi Asih, RSUD Tarakan, RSUD Pasar Rebo dan RSUD Duren Sawit. "Satu RSUD terdiri dari satu tim berisi lima orang meliputi tiga dokter dan dua perawat. Mereka nanti akan mendapatkan sertifikasi praktisi perawatan paliatif," katanya.

Ia berharap, 30 tenaga medis yang bakal mendapat pelatihan perawatan paliatif terhadap para pasien kanker ini dapat melatih tenaga medis lainnya agar memiliki keahlian di bidang tersebut. "Kita harapakan, pasien kanker dapat terlayani dengan baik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1016 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye948 personAldi Geri Lumban Tobing