You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Menyempit, Kali Gubuk Genteng Akan Dinormalisasi
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Menyempit, Kali Gubuk Genteng Akan Dinormalisasi

Lantaran belum seluruhnya diturap, Kali Gubuk Genteng, di Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami penyempitan. Akibatnya, saat hujan sebanyak 6 RW di sekitar kali tergenang hingga ketinggian 60 sentimeter.

nanti akan dikeruk dan dilanjutkan pembuatan turapnya

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara akan melanjutkan pengerjaan turap. Tak hanya itu, Sudin PU Tata Air Jakarta Utara juga akan membuat sodetan.

Kali Gubuk Genteng dengan panjang sekitar 2,1 kilometer merupakan anak Kali Cakung yang melintasi Kelurahan Semper Barat menuju saluran penghubung di Jl Cakung Cilincing untuk dialirkan ke Kali Cakung Drain. Saat ini, dari keseluruhan kali, baru sekitar 800 meter yang diturap. Sedangkan sisanya, karena belum diturap, mengalami penyempitan. Dari lebar seharusnya sekitar 5 meter, kini mengalami penyempitan hingga sekitar 1 meter.

Ratusan Gubuk Liar di Tanah Abang Kembali Ditertibkan

Sudirman (48), salah seorang warga RT 16/04, Kelurahan Semper Barat, mengatakan, pada saat hujan besar Jumat (23/1) lalu, sebanyak 6 RW, yakni RW 04, 05, 08, 12, 13 dan RW 16, Kelurahan Semper Barat tergenang dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter. Genangan tersebut akibat air luapan Kali Gubug Genteng yang tidak tertampung.

"Kali ini menampung air dari wilayah Kelapa Gading. Nah, karena menyempit air tidak tertampung sehingga menggenangi pemukiman kita," ujarnya, Kamis (29/1).

Menurut Sudirman, secara swadaya, warga sudah berupaya melebarkan kali. Namun, karena keterbatasan alat, upaya mereka tidak dapat maksimal.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi, membenarkan keadaan Kali Gubuk Genteng alami penyempitan hingga menyebabkan genangan di sejumlah RW di Kelurahan Semper Barat. Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sudin PU Tata Air Jakarta Utara melakukan normalisasi.

"Nanti akan dikeruk dan dilanjutkan pembuatan turapnya. Kita juga akan tinggikan gorong-gorong saluran di Jl Cakung Cilincing dan dipasangi pompa agar optimal mengalirkan air ke Kali Cakung Drain," ucapnya.

Selain itu, kata Rustam, pihaknya sudah meminta Sudin PU Tata Air untuk membuat sodetan dari Kali Gubuk Genteng langsung menuju Kali Cakung Drain. Sodetan itu dimaksud mempersingkat alur aliran air sehingga bisa langsung dibuang ke Kali Cakung Drain.

"Kalau sudah terealisasi kawasan KBN dan pemukiman sekitar Gubuk Genteng akan terbebas dari genangan. Mudah-mudah Juni 2015 sudah bisa kita mulai pengerjaan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1105 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye995 personAldi Geri Lumban Tobing