You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispora DKI Jakarta Gelar Donor Darah
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dispora Inisiasi Donor Darah

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi kegiatan donor darah di Kantor Dispora DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur.

Protap COVID-19 dalam pelaksanaan

Pelaksanaan donor darah diikuti atlet binaan, pelatih dan asisten pelatih, anggota pramuka, anggota organisasi kepemudaan binaan, serta pegawai di lingkungan kantor Dispora DKI Jakarta.

Kepala Dispora DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menipis karena kondisi pandemi COVID-19, sementara kebutuhan darah terus meningkat.

Dispora Siapkan GOR untuk Penanganan Dampak Sosial COVID-19

"Kami ingin melalui kegiatan donor darah ini dapat membantu PMI mengatasi krisis stok darah karena banyak warga yang membutuhkan. Alhamdulillah, hari ini ada 92 pendonor," ujarnya, Rabu (13/5).

Firdaus menjelaskan, pelaksanaan donor darah dilaksanakan dengan prosedur tetap (protap) protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19 dengan mengutamakan physical distancing dan penggunaan masker. Selain itu, alur peserta donor sudah diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan pada satu titik.

"Seluruh panitia sudah diberikan arahan terkait prosedur keamanan, kebersihan dan protap COVID-19 dalam pelaksanaan donor darah," terangnya.

Menurutnya, petugas dari PMI menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan panitia menggunakan masker selama proses pelaksanaan.

"Pendonor juga sudah dipastikan kondisinya baik serta darahnya juga aman untuk didonorkan," ungkapnya.

Sementara itu, anggota Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Selatan, Sri Ayu Nengsih (13) menyambut baik kegiatan donor darah ini untuk membantu orang lain.

"Kita bisa bermanfaat buat orang lain, jadi selagi ada kesempatan untuk donor saya lebih baik ikut. Apalagi PMI sedang membutuhkan stok darah. Setetes darah kita berarti buat mereka yang membutuhkan," ucapnya.  

Hal senada juga disampaikan atlet renang binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) Dispora DKI Jakarta, La Ode Ahmad Fikri (23).

Fikri berinisiatif mendonorkan darahnya setelah mendapat informasi bahwa PMI kekurangan stok darah. Alasan lainnya yakni ingin membantu sesama di bulan suci Ramadan ini.

"Saya melihat di media sosial PMI kekurangan darah. Selain atas dasar kemanusiaan, selagi di bulan suci Ramadan beramal salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan donor darah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3726 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3445 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3040 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3001 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2992 personAnita Karyati