You don't have javascript enabled. Good luck with that.
40 Warga Jakpus Ikuti Pelatihan Tata Graha dan Teknik Pendingin

40 Warga Ikuti Pelatihan Tata Graha dan Teknik Pendingin


Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing
Editor: Rio Sandiputra

15 Juli 2020 17:41 WIB | Dibaca 920 X
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertrans dan Energi) DKI Jakarta, Andri Yansyah membuka pelatihan kerja untuk Kejuruan Teknik Pendingin (AC) dan Tata Graha (Cleaning Service) di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Pusat, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Rabu (15/7).

Program kolaborasi dari Disnakertrans dan Energi dengan Baznas Bazis DKI Jakarta ini diikuti oleh masing-masing 20 peserta di setiap penjurusannya.

Andri mengatakan, Pemprov DKI Jakarta selalu berupaya meningkatkan kualitas pencari kerja melalui pelatihan kerja. Sehingga keterampilan para pencari kerja tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan industri.

"Pelatihan kerja juga dapat meningkatkan kemampuan saing para pesertanya dalam berwirausaha. Maka itu, diharapkan pelatihan kerja dapat membantu mengurangi angka pengangguran kerja di Jakarta," ujarnya.

Andri menjelaskan, peningkatan sumber daya manusia sangat penting agar dapat bersaing pada era globalisasi. "Pelatihan kerja dapat menciptakan SDM yang berkualitas dan profesional. Selain bisa mendapat kerja, mereka juga dapat membuka lapangan kerja, sehingga mengurangi pengangguran," kata Andri.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Pusat, Siti Jamharoh mengatakan, pelatihan kerja ini cukup diminati. Terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai sekitar 172 orang.

Akan tetapi, pelatihan ini diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu, ditandai dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan sebagai syarat mengikuti pelatihan.

"Pendaftar pelatihan Tata Graha 72 orang dan Teknik Pendingin lebih dari 100 orang. Tapi syaratnya harus ada SKTM. Bagi pendaftar yang memenuhi syarat tapi tidak ikut di sini karena kuota terbatas, kami rekomendasikan di PPKD yang lain dan tidak perlu daftar lagi," ungkap Siti.

Pelatihan untuk Kejuruan Tata Graha berlangsung selama tiga hari, sedangkan pelatihan Teknik Pendingin dilaksanakan selama lima hari. Kegiatan pelatihan dimulai pukul 07.30 sampai 16.00. Peserta akan mendapat sertifikat dari PPKD Jakarta Pusat setelah selesai mengikuti pelatihan.

"Kami maunya selain mencari kerja justru mereka berwirausaha karena bisa membuka lapangan kerja. Tidak harus mencari kerja di tempat orang, tapi dengan bantuan alat dari Baznas Bazis DKI Jakarta itu mereka bisa mandiri," tandas Siti.