You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Baznas (Bazis) DKI Temukan Inovasi Penanggulanagan Bencana di Jakbee Virtual Hackathon 2020
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Jakbee Virtual Hackathon 2020 Munculkan Inovasi Penanganan Bencana

Baznas Bazis DKI Jakarta menyelenggarakan acara hackaton secara virtual dengan tema "Jakbee Virtual Hackathon 2020 Mitigate Disaster Through Innovation".

Pemuda dari seluruh Indonesia berupaya memberikan kontribusi melalui ide-ide inovasi teknologi untuk upaya penanggulangan bencana di Indonesia

Kepala Baznas Bazis DKI Jakarta, Ahmad Luthfi Fathullah mengatakan Hackathon ialah salah satu progran terobosan dari dimana para programmer dan developer IT ditantang untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang telah ditetapkan dalam jangka waktu sangat terbatas.

Pemprov DKI Dukung Jakbee Hackathon 2020, Wadah Pelajar Berkarya dan Raih Beasiswa Pendidikan

"Melalui Jakbee Virtual Hackathon 2020, ribuan pemuda dari seluruh Indonesia berupaya memberikan kontribusi melalui ide-ide inovasi teknologi untuk upaya penanggulangan bencana di Indonesia," kata Lutfi, Jumat (13/11).

Menurutnya, kegiatan ini dimulai sejak 26 September - 25  Oktober 2020 dengan melalui empat tahapan. Yaitu pendaftaran, on-desk selection, hacking time dan terakhir final judging.

Dari 78 tim dari seluruh daerah di Indonesia yang mendaftar, tersaring menjadi 10 tim yang melaju ke babak final, dan terpilihlah tiga terbesar yang dianggap memiliki inovasi terbaik. Pemilihan ini langsung dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Diketahui, inovasi-inovasi terbaik yang diberikan antara lain Juara 1 tim Dkletz dengan inovasi menggunakan computer vision untuk menghitung dampak kerusakan bangunan dan daerah pasca bencana. 

Lalu, Juara 2 adalah tim Covchain dengan inovasi menggunakan blockchain untuk distribusi terdesentralisasi vaksin covid-19; serta juara 3 tim MasihJombloHalal dengan inovasi menggunakan big data analisis pada sosial media sebagai sumber data sekunder dampak bencana. 

"Harapannya bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi khususnya untuk ketahanan terhadap tantangan bencana alam. Ayo kita gotong royong dengan menggandeng Pemda DKI Jakarta untuk merealisasikan apa yang telah teman-teman gambarkan dalam kompetisi ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6851 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3266 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3265 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3189 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2804 personAnita Karyati