You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Genangan Rob di Muara Angke Surut
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Genangan Rob di Muara Angke Surut

Genangan rob di kawasan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara mulai surut. Kondisi itu terjadi setelah tujuh unit pompa mobile dikerahkan menangani genangan ke sejumlah lokasi.

Hari ini sudah surut

Lurah Pluit, Rosiwan mengatakan, genangan rob di kawasan Muara Angke berlangsung sejak kemarin dengan ketinggian 20 semtimeter. Namun pada hari ini genangan hanya tersisa di kawasan Blok Empang, RW 22, Pluit.

"Hari ini sudah surut. Siang ini tersisa hanya di Blok Empang dengan ketinggian sekitar tiga sentimeter," ujarnya, Selasa (17/11).

Genangan Rob di Tegal Alur Surut

Rosiwan menuturkan, surutnya genangan rob tidak lepas dari upaya 20 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang membersihkan sampah di saluran air menuju Waduk Muara angke. Air dari saluran ini pun disedot dengan satu unit pompa stasioner yang berada di waduk tersebut.

Terpisah, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana menambahkan, pihaknya mengerahkan tujuh unit pompa mobile dengan kekuatan 250 meter kubik per detik untuk mengatasi genangan di kawasan Muara Angke. Tujuh pompa tersebut terdiri dari dua unit di Rumah Pompa Muara Angke, tiga unit di Kali Gendong dan dua unit di Kali Asin.

Selain di tiga lokasi itu, sambung Adrian, pihaknya juga menempatkan dua unit pompa mobile yang disebar satu unit di kawasan Pelabuhan Perikanan Nizam Zaman dan satu unit di Pelabuhan Sunda Kelapa. Kemudian, para personelnya di lapangan juga melakukan penyumbatan dan pengecoran pada lima titik kebocoran tanggul di Jalan Pluit Karang Ayu sepanjang 300 meter.

"Ke depan, tanggul ini direncanakan dicor permanen. Saat ini pompa stasioner di Waduk Muara Angke maupun Waduk Pluit sudah diaktifkan dan mudah-mudahan sore ini genangan bisa dituntaskan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1558 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1492 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1470 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1456 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1424 personAldi Geri Lumban Tobing