You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mudahkan Laporan Warga, Gulkarmat Jaktim Kini Miliki Aplikasi Go-Damkar
....
photo doc - Beritajakarta.id

Sudin Gulkarmat Jaktim Miliki Aplikasi Go-Damkar

Sebagai upaya untuk memudahkan laporan warga terkait penanggulangan kebakaran, kini Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur telah memiliki aplikasi pelaporan kebakaran dan penyelamatan berbasis lokasi/MAP bernama Go-Damkar.

Aplikasinya baru diluncurkan dan sudah bisa diunduh dan dimanfaatkan oleh warga,

Kasudin Gulkamat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, aplikasi pelaporan kebakaran dan penyelamatan berbasis lokasi atau map berukuran 21.36 MB ini dapat diunduh di google playstore secara gratis dengan link: https://play.google.com/store/apps/details?id=net.damkarjaktim.godamkar.

Kebakaran Rumah di Jl Raya Pondok Gede Berhasil Dipadamkan

“Aplikasinya baru diluncurkan dan sudah bisa diunduh dan dimanfaatkan oleh warga,” kata Muchtar, Minggu (29/11).

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut bertujuan meningkatkan kecepatan pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Selama ini masyarakat melaporkan kejadian melalui telepon dan datang ke pos terdekat.

Namun dalam menindaklanjuti laporan terkadang menemui kesulitan karena alamat tidak tepat tidak ada tanda-tanda kejadian khususnya penyelamatan. Padahal penyelamatan ini perlu kecepatan tiba di lokasi agar korban segera ditolong.

“Dengan Go-Damkar, pelapor dapat langsung diketahui lokasinya sesuai kordinat/map. Dengan begitu petugas langsung menemukan lokasi dengan cepat tanpa lagi harus bertanya-tanya ke orang atau bisa mencari jalan alternatif jika terjadi kepadatan lalu lintas,” jelasnya.

Sementara, Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko menambahkan ide itu muncul saat sedang melakukan monitoring pelaporan operasi penyelamatan.

Disebutkan, setelah terinstal, maka aplikasi ini otomatis mengarahkan warga untuk masuk ke bagian pelaporan kejadian. Kemudian warga diminta mengisi nama dan menuliskan nomor handphone yang aktif. Di sini warga bisa mengirimkan video terkait kejadian dan koordinat lokasi yang dilaporkannya.

"Ke depan semua  laporan yang masuk dari warga akan diteruskan ke pos Damkar terdekat wilayah pelapor. Selain itu, warga juga bisa melaporkan peristiwa kebakaran melalui media telepon 112 dan  08119197113,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1513 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1503 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1063 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1028 personDessy Suciati