You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Rampung Februari, Ini Kecanggihan IPA Mookervart
....
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Usung Teknologi Canggih, PAM Jaya Hadirkan IPA Mookervart

PAM Jaya membangun Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Mookervart untuk mengolah air Sungai Mookervart menjadi air minum bagi warga Rusun Daan Mogot.

Pembangunan IPA Mookervart ini memanfaatkan air dari Sungai Mookervart dan Waduk Daan Mogot,

Mengusung teknologi canggih, Instalasi Pengeloaan Air (IPA) Mookervart tersebut akan dibangun di area Rusun Daan Mogot Jakarta Barat dengan kapasitas produksi sebanyak 10 liter per detik yang akan menambah jumlah pelanggan menjadi sekitar 9.700 pelanggan.

IPA Mookervart ditargetkan selesai pada Februari 2021 dan akan beroperasi setiap hari selama 24 jam dengan kualitas air olahannya sesuai standar air minum yang diatur dalam Permenkes 492 tahun 2010.

PAM Jaya Fokus Perluas Layanan

"Pembangunan IPA Mookervart ini memanfaatkan air dari Sungai Mookervart dan Waduk Daan Mogot sebagai sumber air bakunya dan akan diolah dengan teknologi komplet untuk memastikan kualitasnya. Ini merupakan salah satu quick win solution PAM Jaya dalam percepatan pelayanan," ujar Priyatno Bambang Hernowo, Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo, Jumat (15/1).

Teknologi super canggih ini membuktikan bahwa PAM Jaya sebagai salah satu BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya percepatan pelayanan untuk meningkatkan akses air bersih ke masyarakat DKI Jakarta khususnya wilayah yang selama ini belum mendapatkan suplai air bersih.

IPA Mookervart dibangun oleh PAM Jaya untuk melayani kebutuhan air bersih di area Rusun Daan Mogot dengan mengambil sumber air baku yang berasal dari sungai Mookervart Jakarta Barat dan dioleh menggunakan teknologi Moving Bed Bio Reactor (MBBR) yang mampu mengolah polutan organik dan amoniak dengan bantuan organisme yang tumbuh pada suatu media. Air baku yang dihasilkan tersebut akan diolah pada proses Ultra Filtration yang menggunakan membrane untuk memisahkan semua partikel seperti debu, bakteri, hingga virus.

Sementara untuk memisahkan garam serta sisa polutan laut lainnya akan dilakuan dengan menggunakan teknologi Riverse Osmosis (RO) sehingga menghasilkan air berkualitas tinggi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Aplikasi teknologi canggih ini pun disambut gembira oleh pengelola rusun Daan Mogot.

"Air bersih ini adalah hal yang dinantikan oleh seluruh warga di area Rusun Pesakih dan kami sangat menyambut gembira pembangunan IPA Mookervart oleh PAM Jaya ini," kata Ahmad Khaerurohim, Kasubbag TU UPRS Tambora, Ahmad yang juga pengelola Rusun Daan Mogot.

Seperti diketahui, cakupan layanan PAM Jaya saat ini adalah 64 persen dengan total pelanggan sebanyak 888.000 dan total air yang terdistribusi sebanyak 20.232 liter per detik. Target cakupan layanan PAM Jaya pada tahun 2023 yaitu mencapai 82 persen. Saat ini Jakarta masih ketergantungan suplai air baku dari wilayah di luar kota Jakarta dimana 81 persen air baku berasal dari Waduk Juanda Jatiluhur, 14 persen berasal dari pembelian air curah PDAM Kabupaten Tangerang dan 5 persen berasal dari sungai-sungai yang berada di Jakarta.

Sekadar diketahui groundbreaking IPA Mookervart dilakukan pada November 2020 lalu. Ditargetkan IPA Mookervart akan rampung pada Februari 2021 dan akan beroperasi selama 24 jam.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11589 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4318 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4185 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4177 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4080 personFolmer