You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Pertamanan Jaktim Sulap Lahan Parkir Jadi Taman Jambu
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin Pertamanan Jaktim Sulap Lahan Parkir Jadi Taman

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur merefungsi lahan parkir menjadi taman di Jl Sumur Jambu, Kampung Pulo, Pinang Ranti, Makasar.

 T aman ini juga bisa menjadi kantong air bagi warga

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan, refungsi lahan parkir seluas 160 meter persegi ini dilakukan untuk menambah lahan hijau di Jakarta Timur.

Christian mengungkapkan, kendati lahan yang dimanfaatkan warga untuk area parkir tersebut milik Pemprov DKI namun pihaknya tidak serta merta menghilangkan begitu saja. Buktinya, musala, bank sampah, area parkir ambulans yang dibangun warga masih berdiri kokoh. Bahkan semuanya dipercantik.

Pasukan Hijau Jaktim Tata Taman di Sepanjang Jl Raya Halim Perdanakusuma

"Kita sudah kolaborasi dan koordinasi dengan RT dan RW setempat. Bangunan yang dibangun warga tidak kita rombak, malah kita percantik," kata Christian.

Menurut Christian, nantinya taman ini bisa dimanfaatkan warga untuk rekreasi. Taman ini juga menjadi ventilasi udara karena berada di lingkungan padat penduduk.

Kasi Taman dan Hutan Kota Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Randi Putra menambahkan, pembangunan Taman Jambu dilakukan sejak awal Desember lalu dan saat ini proses pekerjaan sudah 98 persen.

Pembangunan Taman Jambu ini dilakukan secara swakelola non APBD. Karena sarana bermain dan papan nama menggunakan potongan kayu sisa pohon tumbang yang didaur ulang. Tanaman hias yang ada juga hasil stek dan sebagiannya dari kebon bibit tanaman.

Adapun jenis tanaman hias yang ada di Taman Jambu ini antara lain adalah, Sutra Bombay. Jenis tanaman ini jika suhu udara anas akan berbunga terus menerus dan jika musim dingin bunganya akan kuncup. Di sini juga tersedia tanaman Kucai hias.

Selain itu ada pohon kemuning, yang jika malam hari atau cuaca dingin  menebarkan aroma wangi. Daunnya juga indah dan sedap dipandang mata. Selain itu ada tanaman kostus,  puring dan sebagainya.

"Taman ini dibangun dengan konsep taman kantong. Karena taman ini juga bisa menjadi kantong air bagi warga yang bisa dimanfaatkan saat kemarau," pungkas Randi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4734 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4714 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4112 personNurito
  4. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4013 personTP Moan Simanjuntak
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye3845 personTP Moan Simanjuntak