You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Upaya Satgas COVID-19 RW 15 Cengkareng Barat di Masa Pandemi
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Ini Upaya Satgas COVID-19 RW 15 Cengkareng Barat di Masa Pandemi

Berbagai upaya dilakukan Satgas COVID-19 RW 15 Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng dalam upayanya menekan laju penyebaran COVID-19. Mulai dari meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait, penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), hingga solidaritas antar warga dilakukan.

Kami selalu mengimbau warga selalu mematuhi protokol kesehatan 3M,

Ketua RW 15 Kelurahan Cengkareng Barat, Yohanes Efendy mengatakan, beragam upaya yang ditempuh pihaknya tersebut hingga kini patut disyukuri sebab sekitar satu tahun pandemi COVID-19 berlangsung, ia mengklaim warganya yang terpapar COVID-19 tidak lebih dari lima orang.

"Setiap seminggu sekali kami melakukan penyemprotan disinfektan baik di rumah warga maupun jalanan dengan anggaran dari uang kas RW. Kami juga rutin sebulan sekali menggelar ronda COVID-19 bersama pihak kelurahan, Satpol PP, RT dan tokoh masyarakat terjun langsung ke warga melakukan sosialisasi dan penegakan disiplin prokes. Jika ada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker kami berikan sanksi kerja sosial. Warga yang tidak punya masker juga kami bagikan secara gratis. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker saat di luar rumah," tutur Yohanes kepada beritajakarta.id, Jumat (29/1).

Gugus Tugas Covid Cengkareng Barat Rutin Kampanyekan Protokol 3M

Tak hanya itu, sambung Yohanes, Satgas COVID-19 RW 15 yang beralamat di Perumahan Taman Palem Lestari ini juga menyediakan tempat khusus bagi warga yang terpapar COVID-19 untuk isolasi mandiri di sekretariat RW jika kondisi rumah yang bersangkutan tidak memungkinkan.

"Di wilayah kami ada tiga pintu gerbang masuk. Setiap pintu gerbang dijaga satpam yang rutin melakukan pengecekan suhu tubuh bagi warga maupun tamu yang datang. Di setiap pintu gerbang kami sediakan juga tempat cuci tangan, hand sanitizer serta spanduk bertuliskan sosialisasi prokes 3M," ujarnya.

Meski angka kasus COVID-19 di lingkungan tempat tinggalnya tergolong rendah, namun pihaknya tidak bosan mengimbau warga dan tamu yang datang untuk menerapkan prokes secara ketat seperti, memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

"Kami selalu mengimbau warga selalu mematuhi protokol kesehatan 3M. Mari kita jalankan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kalau tidak ada keperluan mendesak sebaiknya di rumah saja," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6423 personNurito
  2. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3687 personTiyo Surya Sakti
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2781 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye2774 personNurito
  5. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye2767 personBudhi Firmansyah Surapati