You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Luncurkan Buku Potret Jakarta 2020, Gubernur Apresiasi Karya Fotografi di Tengah Pandemi
....
photo doc - Beritajakarta.id

Luncurkan Buku Potret Jakarta 2020, Gubernur Apresiasi Karya Fotografi di Tengah Pandemi

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meluncurkan karya buku Potret Jakarta 2020 Kolaborasi Melawan Pandemi secara virtual pada Sabtu (30/1). Buku tersebut merupakan kolaborasi 73  kreator konten foto di Ibu Kota yang mendokumentasikan aksi penanggulangan pandemi oleh seluruh elemen masyarakat selama 2020.

Lewat buku ini kita bisa melihat pengalaman dan merasakan apa yang ada di peristiwa yang direkam

Dalam sambutannya, Anies mengapresiasi karya buku ini yang diharapkan dapat memberi manfaat dan inspirasi kepada pembaca terkait kejadian penanganan pandemi COVID-19, meski tidak melihat langsung kondisi di lapangan.

"Lewat buku ini kita bisa melihat pengalaman dan merasakan apa yang ada di peristiwa yang direkam. Bagi kita yang menjalani pandemi, bisa disadarkan bahwa banyak aspek kehidupan tercipta. Mulai dari saat ada yang diisolasi tak banyak aktivitas. Dengan adanya buku ini, ada kesempatan kita melihat kejadian yang tak langsung dirasakan di lapangan. Ini adalah kumpulan dokumentasi yang bila dibaca anak cucu kita akan menjadi sangat luar biasa. Banyak peristiwa pandemi sebelum COVID-19 seperti flu spanyol, tapi masih minim info, narasi, dan dokumentasi secara komprehensif," ujar Gubernur Anies, seperti dilansir dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Sabtu (30/1).

Tekan Penyebaran COVID-19, Pemprov DKI Bersama Human Initiative Luncurkan 3 Unit Mobile Lab

Gubernur Anies menilai karya dalam bentuk kumpulan dokumentasi dalam buku ini sangat luar biasa, karena bisa dijadikan arsip untuk generasi masa depan.

Menurutnya, pandemi ini menjadi wahana kreativitas yang luar biasa bagi para konten kreator foto.

"Contoh saya lihat foto yang dibuat mas Rifki Widiyanto, fotonya sederhana yakni foto Wisma Atlet, kalau cuma foto tanpa ada cerita akan hampa. Tapi di sini tertulis adalah tempat menampung pasien COVID-19 di ASEAN. Gambar gedung ini tidak akan lekang lintas zaman, karena tempat banyak penyintas berkumpul, kalau di masa depan ingin berwisata sejarah terkait COVID-19, ini sangat berpotensi dikelola dengan baik. Memang, Ini bukan sekadar gedung, tapi bagian sejarah kita memerangi pandemi," jelas Gubernur Anies.

Ia juga mengapresiasi karya salah satu konten kreator, Yusie Meiti lewat karyanya dalam menggambarkan Jalan Sudirman yang senyap selama peristiwa COVID-19. Hal ini karena masyarakat umum tidak mudah menemukan cara memanfaatkan area publik sebagai suatu karya pada momen yang pas.

"Ini gambar indah yang punya banyak cerita, jadi bukan sekadar foto karena setiap foto adalah kesempatan kita untuk berinteraksi. Ke depan, DKI pasti dukung, inilah cara kita menyusun sejarah dalam bentuk imaji dan narasi sehingga memberi pikiran kita untuk memahami sesuai persepsi masing-masing," tambah Gubernur Anies.

Dalam buku ini tersaji 200 karya foto yang merekam berbagai aspek kehidupan di Jakarta selama pandemi 2020. Mulai suasana kota, aktivitas masyarakat, suasana perawatan di rumah sakit, transportasi publik hingga pemakaman dengan protokol COVID-19. Menurut Yusie, kurator foto di buku ini, potret ini diambil dalam rentang Maret hingga Desember 2020.

Di halaman pembuka buku tertulis, Buku ini dipersembahkan oleh para kreator konten di Jakarta kepada seluruh tenaga kesehatan yang bekerja bahu membahu melawan infeksi COVID-19 dan kepada seluruh masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan. Semoga Jakarta segera pulih!"

Terakhir, Gubernur Anies berharap para kreator konten foto terus melanjutkan karyanya, serta mengimbau mereka tidak menghapus karya yang tak sempat dipajang pada buku tersebut. Menurut Gubernur Anies, bahan tersebut bisa bermanfaat di kemudian hari untuk rekonstruksi kejadiaan pandemi di masa depan, sebagai pembelajaran.

"Kreativitas harus terus jalan, terus jadikan Jakarta untuk kanvas kreasi fotografi. Mudah-mudahan banyak lagi bisa merangsang proses narasi menjadi lebih baik. Selamat kepada yang sudah berkarya," tandas Gubernur Anies.

Perlu diketahui, peluncuran buku Potret Jakarta 2020 Kolaborasi Melawan Pandemi turut dihadiri oleh Fotografer Senior Drigo Tobing, editor foto Rifki Widiyanto dan kurator Yusie Meiti, serta kreator konten yang karyanya dimuat di dalam buku tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5903 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3002 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2915 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2859 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2534 personNurito