You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mulai Awal 2021, Aplikasi iPosyandu Diterapkan di Seluruh Posyandu di Jakut
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Kegiatan Posyandu di Jakut Gunakan Aplikasi iPosyandu

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara menggandeng PT Astra International Tbk melalui program CSR (Corporate Social Responbility) menghadirkan inovasi kegiatan posyandu di tengah pandemi COVID-19.

Pagi tadi kita gelar sosialisasi sekaligus pelatihan secara daring tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi iPosyandu ini,

Inovasi tersebut berupa aplikasi mobile berbasis Android bernama iPosyandu. Aplikasi ini awalnya diterapkan dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjuk Priok, tahun 2020 lalu.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, mulai tahun 2021, aplikasi iPosyandu diterapkan pada seluruh kegiatan posyandu di Jakarta Utara.

Tiga Wakil Jakut Ikuti Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi

"Pagi tadi kita gelar sosialisasi sekaligus pelatihan secara daring tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi iPosyandu ini. Peserta kegiatan di antaranya kader posyandu, kader PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan pengelola RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) se-Jakarta Utara," ujar Ali, Kamis (11/2).

Dijelaskan Ali, aplikasi iPosyandu sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan posyandu di masa pandemi COVID-19. Segala bentuk pencatatan dan pelaporan tidak lagi dilakukan secara manual sehingga dapat mengurangi kontak fisik dan kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Tahun kemarin aplikasi ini sudah diterapkan di lingkungan Kelurahan Warakas sebagai pilot project (percontohan). Ini suatu kebanggaan Jakarta Utara, karena aplikasi ini juga kami jadikan salah satu lomba di tingkat provinsi," katanya.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko menambahkan, aplikasi iPosyandu berisikan segala format pencatatan dan pelaporan seperti kesehatan ibu dan anak (KIA), balita, remaja, hingga lanjut usia (lansia) layaknya kegiatan posyandu yang selama ini dilakukan secara manual. Ia memastikan, aplikasi iPosyandu ini sudah mulai diuji coba untuk diterapkan di seluruh kegiatan posyandu di Jakarta Utara.

"Kami sangat menyambut baik hadirnya inovasi iPosyandu karena ini memodernkan posyandu dalam arti memudahkan kader dalam melakukan pencatatan dan pelaporan kesehatan masyarakat. Penerapan aplikasi ini akan terus dipantau melalui Pokja (kelompok kerja) IV TP PKK baik dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1810 personNurito
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1809 personNurito
  3. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1804 personAnita Karyati
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1779 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1730 personAnita Karyati