You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Musrenbang Kelurahan Cilangkap Prioritaskan Pembuatan Saluran Drainase
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Musrenbang Kelurahan Cilangkap Prioritaskan Pembuatan Saluran Drainase

Pembuatan saluran drainase dan pintu air di Waduk Cilangkap, menjadi skala prioritas usulan dalam pembahasan Musrenbang di Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Kegiatan yang dipimpin oleh Camat Cipayung, Fajar Eko Satrio ini dilakukan secara virtual, Kamis (11/2).

Semua usulan ini telah disetujui untuk diteruskan ke tingkat kecamatan hingga kota dan provinsi.

Lurah Cilangkap, Nasir Sugiar mengatakan, warga dari enam RW di wilayahnya memprioritaskan usulan pembuatan saluran drainase di sepanjang Jl Raya Cilangkap sepanjang 450 meter dan di Jl Raya Setu – Cipayung sepanjang 2,5 kilometer. 

Adminkesra Jakpus Buka Musrenbang Kelurahan Kampung Rawa

Selain itu, warga juga memprioritaskan usulan pembuatan pintu air di Waduk Cilangkap yang saat ini sedang ditata ulang guna mengantisipasi adanya genangan atau banjir saat musim hujan.

“Alhamdulillah usulan pembuatan saluran drainase di Jl Raya Setu – Cipayung dan pembuatan pintu air di Waduk Cilangkap ini langsung dianggarkan tahun ini. Sehingga program penanggulangan banjir cepat dilakukan,” kata Nasir.

Dalam kegiatan musrenbang 2021 ini, jelas Nasir, pihaknya mengusung 136 usulan yang terdiri dari usulan fisik 98 item dan non fisik 38 item dengan total nilai angaran Rp 48,9 miliar.

"Dari 98 usulan fisik, yang terkait dengan Sudin SDA ada 46 usulan dan Bina Marga ada 44 usulan serta delapan terkait dengan unit lainnya," beber Nasir.  

Ia bersyukur karena semua usulan ini telah disetujui untuk diteruskan ke tingkat kecamatan hingga kota dan provinsi. Bahkan dua di antaranya justru dianggarkan langsung tahun ini untuk dikerjakan. Yakni pembuatan pintu air di Waduk Cilangkap dan pembuatan saluran drainase di Jl Raya Setu – Cipayung sepanjang 2,5 kilometer.

Camat Cipayung, Fajar Eko Satrio menjelaskan, penataan Waduk Cilangkap dan Embung Munjul secara otomatis dapat mengatasi banjir atau genangan yang terjadi di wilayah Cilangkap khususnya di RW 02.

"Kami juga minta warga menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke aliran air. Karena hal ini juga memicu timbulnya genangan saat musim hujan," tegasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4867 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4216 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2860 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2809 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2705 personFolmer