You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Satpel SDA Kelapa Gading Kerahkan 15 Personel untuk Atasi Genangan di Jl. Boulevard Barat

Saluran Permanen akan Dibuat di Sisi Selatan dan Utara Jl Boulevard Barat


Reporter: Rezki Apriliya Iskandar
Editor: Erikyanri Maulana

23 Februari 2021 17:18 WIB | Dibaca 450 X
Jl Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi salah satu ruas jalan yang tergenang pada akhir pekan kemarin saat cuaca ekstrem melanda ibu kota. Saat itu, ketinggian genangan mencapai 15-20 sentimeter.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kelapa Gading, Citrin Indriati mengatakan, penyebab genangan di ruas Jl Boulevard Barat lantaran konturnya yang tidak rata ditambah saat ini tengah berlangsung pembangunan proyek ruas Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang di sekitar kawasan tersebut.

"Saluran di kawasan itu juga belum terkoneksi dengan saluran penghubung BGR dan saluran penghubung Pelepah. Kemudian saluran juga terputus lantaran di lokasi dibuat pilar tiang jalan tol. Kondisi jalan juga miring, cekung, dan berlubang," ujar Citrin, Selasa (23/2).

Untuk itu, sambung Citrin, ke depan di sepanjang Jl Boulevard Barat baik di sisi utara maupun sisi selatan akan dibuat saluran permanen. Saat ini, saluran permanen yang sudah dibangun berada di sisi utara mulai dari Astrido Toyota menuju saluran penghubung BGR sepanjang 170 meter. Namun, hingga kini pengerjaannya belum rampung.

"Jadi, pihak kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol tersebut akan membuat saluran permanen di sepanjang Jl Boulevard Barat. Saluran akan dibuat menggunakan u-ditch ukuran 80x80 milimeter dan u-ditch ukuran 1.000x1.000 milimeter," jelasnya.

Ditambahkan Citrin, setelah pembangunan saluran permanen rampung, pihaknya juga akan melakukan antisipasi genangan untuk jangka panjang di kawasan Jl Boulevard Barat.

"Setelah dibangun saluran permanen, kami akan melakukan pemeliharaan rutin antara lain dengan pengurasan saluran yang rutin dilakukan," tandasnya.

Sebelumnya, pada akhir pekan kemarin, untuk mengatasi genangan yang terjadi, Satpel SDA Kecamatan Kelapa Gading mengerahkan 15 personel serta mengerahkan dua unit pompa masing-masing berkapasitas 50 liter per detik serta dibantu juga dengan keberadaan pompa dari pelaksana pembangunan jalan tol yang disiagakan di lokasi.