You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Satpel SDA Kelapa Gading Kerahkan 15 Personel untuk Atasi Genangan di Jl. Boulevard Barat
.
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Saluran Permanen akan Dibuat di Sisi Selatan dan Utara Jl Boulevard Barat

Jl Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi salah satu ruas jalan yang tergenang pada akhir pekan kemarin saat cuaca ekstrem melanda ibu kota. Saat itu, ketinggian genangan mencapai 15-20 sentimeter.

Setelah dibangun saluran permanen, kami akan melakukan pemeliharaan rutin antara lain dengan pengurasan saluran yang rutin dilakukan,

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kelapa Gading, Citrin Indriati mengatakan, penyebab genangan di ruas Jl Boulevard Barat lantaran konturnya yang tidak rata ditambah saat ini tengah berlangsung pembangunan proyek ruas Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang di sekitar kawasan tersebut.

"Saluran di kawasan itu juga belum terkoneksi dengan saluran penghubung BGR dan saluran penghubung Pelepah. Kemudian saluran juga terputus lantaran di lokasi dibuat pilar tiang jalan tol. Kondisi jalan juga miring, cekung, dan berlubang," ujar Citrin, Selasa (23/2).

Saluran Air Jl Pegangsaan Dua Dikuras

Untuk itu, sambung Citrin, ke depan di sepanjang Jl Boulevard Barat baik di sisi utara maupun sisi selatan akan dibuat saluran permanen. Saat ini, saluran permanen yang sudah dibangun berada di sisi utara mulai dari Astrido Toyota menuju saluran penghubung BGR sepanjang 170 meter. Namun, hingga kini pengerjaannya belum rampung.

"Jadi, pihak kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol tersebut akan membuat saluran permanen di sepanjang Jl Boulevard Barat. Saluran akan dibuat menggunakan u-ditch ukuran 80x80 milimeter dan u-ditch ukuran 1.000x1.000 milimeter," jelasnya.

Ditambahkan Citrin, setelah pembangunan saluran permanen rampung, pihaknya juga akan melakukan antisipasi genangan untuk jangka panjang di kawasan Jl Boulevard Barat.

"Setelah dibangun saluran permanen, kami akan melakukan pemeliharaan rutin antara lain dengan pengurasan saluran yang rutin dilakukan," tandasnya.

Sebelumnya, pada akhir pekan kemarin, untuk mengatasi genangan yang terjadi, Satpel SDA Kecamatan Kelapa Gading mengerahkan 15 personel serta mengerahkan dua unit pompa masing-masing berkapasitas 50 liter per detik serta dibantu juga dengan keberadaan pompa dari pelaksana pembangunan jalan tol yang disiagakan di lokasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye6658 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5100 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4860 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4724 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4722 personAnita Karyati