You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
25 Peserta Ikuti Sosialisasi Kesehatan Hewan Kuda di Cakung
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

25 Pemilik Kuda di Cakung Ikut Sosialisasi Kesehatan Hewan

Sebanyak 25 peserta mengikuti sosialisasi kesehatan hewan kuda yang dilaksanakan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur di RW 09 Kampung Pengarengan, Jatinegara, Cakung, Kamis (25/2).

Kita juga memberikan bantuan 400 kilogram pakan kuda

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin PKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan, kegiatan yang diikuti pemilik kuda delman ini dalam rangka mencegah penularan penyakit dari hewan.

Irma mengungkapkan, penurunan pendapatan pelaku usaha delman di masa pandemi COVID-19 saat ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas nutrisi kesehatan kuda. Karena itu, pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan hewan kuda ini.

Petugas Gulkarmat Evakuasi Kucing Dalam Sumur di Pasar Minggu

"Materi yang diberikan soal kesehatan hewan, jenis penyakit dan kesejahteraan hewan. Kita juga memberikan bantuan 400 kilogram pakan kuda dan pengobatan terhadap kuda yang sakit," kata Irma.

Kegiatan sosialisasi ini, jelas Irma, dilakukan tujuh petugas dari Sudin KPKP Jakarta Timur yang terdiri dari dokter hewan, paramedis, penyuluh dan Kasatlak KPKP Kecamatan Cakung.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang DKI Jakarta, Asosiasi Dokter Hewan Kuda Indonesia (ADHKI), Jakarta Animal Aid Network (JAAN), PT. Food Station Tjipinang Jaya.

Sorikhi (47), salah satu peserta yang memiliki tiga ekor kuda delman, mengaku sangat terbantu dengan kegiatan sosialisasi ini. Karena menambah wawasannya tentang cara merawat dan menjaga kesehatan kuda.  

"Sebagai pemilik kuda, kami sangat terbantu karena bisa menambah pengetahuan tentang perawatan dan kesehatan kuda," kata Sorikhi.

Menurut dia, kuda delman peliharaan warga Kampung Pengarengan selama ini selalu terawat dengan baik, karena dokter hewan dari Sudin KPKP Jakarta Timur rutin melakukan pengawasan dan pemeriksaan.

"Malah, kalau ada kuda kita sakit dokter hewan dari Sudin KPKP cepat datang untuk melakukan pengobatan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye3061 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye2645 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2490 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye2413 personNurito
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2387 personTP Moan Simanjuntak