You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Pusip Jakut Tingkatkan Minat Baca Masyarakat di Masa Pandemi Melalui IKRA
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Pemkot Jakut Hadirkan IKRA Tingkatkan Budaya Baca

Untuk menumbuhkan kembali minat dan budaya baca di masyarakat, terutama di masa pandemi, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Utara menggelar kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA).

Kita targetkan tahun ini pelaksanaan IKRA di 20 kelurahan,

Kepala Sudin Pusip Jakarta Utara, Wahyu Prabowo menyampaikan, kegiatan IKRA tersebut menyasar 20 kelurahan di wilayah Jakarta Utara pada tahun ini.

"Kita targetkan tahun ini pelaksanaan IKRA di 20 kelurahan. Kelurahan lainnya kita targetkan di tahun selanjutnya," ujar Wahyu, Senin (1/3).

7.172 Buku Sudah Didistribusikan di Jakut Selama 2020

Wahyu menjelaskan, waktu pelaksanaan IKRA di 20 kelurahan tersebut dibagi dalam empat triwulan. Untuk di triwulan pertama, kegiatan IKRA sudah dimulai di Kelurahan Tanjung Priok dan Kelurahan Tugu Selatan pada 22 Februari 2021 lalu. Selanjutnya akan dilaksanakan di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelurahan Semper Timur, dan Kelurahan Ancol serta kelurahan-kelurahan lainnya di triwulan berikutnya.

"Kami menyalurkan sekitar 100 buku di masing-masing kelurahan. Kemudian pihak kelurahan akan menyalurkan lagi ke RW dan RT di wilayah masing-masing," terangnya.

Dikatakan Wahyu, buku-buku tersebut selanjutnya akan disalurkan untuk dipinjamkan ke masing-masing keluarga dimana setiap keluarga menerima dua buku. Menurutnya, buku tersebut mereka baca dalam waktu sekitar 14 hari. Setelah itu bukunya dikembalikan ke pihak RW untuk kemudian diserahkan ke kelurahan. Setelah selesai membaca, setiap keluarga akan membuat ringkasan dari buku yang telah dibaca. Kegiatan membaca buku bersama ini mereka rekam dalam bentuk video lalu dikirim ke Sudin Pusip Jakarta Utara.

"Video-video yang dikirim warga akan kita seleksi dan berikan apresiasi. Warga yang ikut serta kegiatan IKRA otomatis sudah terdaftar menjadi anggota perpustakaan DKI Jakarta. Lima peserta terbaik akan kita berikan apresiasi berupa sertifikat atau piagam dan juga goodie bag," ungkap Wahyu.

Beragam buku disalurkan dalam kegiatan IKRA ini, di antaranya buku pendidikan, buku agama, buku pelajaran, buku cerita anak-anak, buku fiksi, dan lain-lain. Sudin Pusip Jakarta mengerahkan 15 personel terdiri dari ASN dan PJLP dalam pelaksanaan kegiatan IKRA.

Ditambahkan Wahyu, kegiatan IKRA merupakan kegiatan literasi dengan tujuan menjadi kegiatan alternatif positif masyarakat terutama di masa pandemi seperti saat ini, memudahkan akses masyarakat terhadap buku-buku bacaan serta menumbuhkan partisipasi masyarakat DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara untuk mendukung kota Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca.

"Walaupun sekarang zaman sudah canggih dan semua hal dimudahkan dengan gadget termasuk dalam hal literasi tetapi cara-cara konvesional yaitu membaca buku dalam bentuk fisik tetap kita lakukan dan lestarikan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6338 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3439 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3347 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3294 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3192 personNurito