You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kolaborasi Semarakkan Ramadan, Pemprov DKI Gelar Rangkaian Acara Virtual dan Berskala Mikro Untuk Wa
.
photo doc - Beritajakarta.id

Kolaborasi Semarakkan Ramadan, Pemprov DKI Gelar Rangkaian Acara Virtual dan Berskala Mikro untuk Warga Jakarta

Ramadan kali ini tak jauh berbeda dari tahun lalu. Pandemi COVID-19 masih ada dan perlu kita waspadai bersama. Kendati demikian, Pemprov DKI Jakarta tetap berupaya menyemarakkan momen Ramadan dengan semangat kolaborasi, menghadirkan rangkaian acara yang diselenggarakan secara virtual dan berskala mikro bagi warga Jakarta.

Setidaknya ada sembilan kegiatan yang kami hadirkan

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Zein, menjelaskan, rangkaian kegiatan Ramadan yang dipilih adalah kegiatan yang tidak menimbulkan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19. Mengusung tagline Energi Ramadan Jakarta, rangkaian acara Ramadan tahun ini turut menjadi bagian dari perayaan HUT Jakarta ke-494.

"Seperti kita ketahui bersama, Ramadan 1442 H masih dalam pandemi COVID-19 yang saat ini ditandai dengan diberlakukannya kebijakan PPKM Mikro. Kegiatan peribadatan dan keagamaan sudah dapat dilaksanakan, tapi dibatasi 50%. Untuk menyemarakkan Ramadan, kami memanfaatkan sarana dan prasarana menggelar kegiatan virtual. Selain itu, dapat dilaksanakan dalam skala mikro, sehingga lebih terasa. Setidaknya ada sembilan kegiatan yang kami hadirkan pada Ramadan kali ini di Jakarta," ujar Zen, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Baznas Bazis DKI Proyeksikan Penerimaan ZIS Selama Ramadan Capai Rp 25 Miliar

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan di bulan Ramadan 1442 H telah tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 Dalam Kegiatan Peribadatan dan Keagamaan di Bulan Suci Ramadhan 1442 H. Selain itu, tertuang pula pada Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 40 Tahun 2021 tentang Rangkaian Kegiatan Ramadan 1442 H/2021 M di Provinsi DKI Jakarta dengan melibatkan 14 Perangkat Daerah dan 1 BUMD terkait, dengan sembilan rangkaian kegiatan yang memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

Adapun rangkaian kegiatan Ramadan di Jakarta sebagai berikut;

1. Duta Imam Shalat Tarawih

Pemprov DKI Jakarta berkolabolarasi dengan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, LBIQ, dan DMI Jakarta mengutus 100 Duta Imam Shalat Tarawih yang telah dilepas oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada 9 April 2021. Para Duta Imam Shalat Tarawih memiliki latar belakang yang beragam, seperti Imam Masjid, Dosen, Mahasiswa, PJLP dan wiraswasta dengan terlebih dahulu dilakukan seleksi, pembinaan, dan vaksinasi COVID-19. 

2. Virtual Tour Ramadan

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Atourin, Abang None Jakarta, dan Jakarta Experience Board memberikan inovasi turisme di era pandemi untuk kebangkitan pariwisata. Memperkenalkan tiga masjid bersejarah di Jakarta secara virtual yang mana siaran langsung akan dilakukan melalui aplikasi Zoom dan kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada 25 April dan 2 Mei 2021. Link pendaftaran: bit.ly/MosqueofJakarta.

3. Konser Amal Ramadan Virtual

Sebuah konser amal yang berkolaborasi dengan Ramadan Jazz Festival dan Jakarta Experience Board. Siaran langsung akan ditayangkan melalui kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada 30 April dan 1 Mei 2021.

4. Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Pangan

Seperti diketahui, KSBB Pangan telah berjalan sejak tahun lalu, dengan sejumlah jenis paket bantuan yang bisa diberikan oleh masyarakat untuk warga yang membutuhkan. Informasi terkait KSBB Pangan dapat diakses melalui situs corona.jakarta.go.id/kolaborasi. Selain itu, adapula penyiapan dan pendistribusian paket nasi bungkus/kotak kepada orang yang membutuhkan untuk berbuka puasa di setiap Kelurahan pada 6 wilayah Kota/Kabupaten Administrasi selama bulan Ramadan. Fasilitasi yang dilakukan Pemprov DKI ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat karena paket nasi bungkus dibeli dari warung kecil setempat.

5. Vaksinasi Tokoh Agama

Tokoh agama merupakan kelompok yang juga sudah mulai mendapatkan vaksin COVID-19 di Jakarta. Vaksinasi tokoh agama juga terus berlangsung di bulan Ramadan ini. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta hingga 22 April 2021, tokoh agama yang telah divaksin dosis pertama sebanyak 26.827 orang, sedangkan dan dosis kedua sebanyak 4.796 orang.

6. Silaturahmi Virtual Alim Ulama

Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan silaturahmi antara Gubernur dan Wagub Provinsi DKI Jakarta dengan ulama dan amaro. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kebersamaan antarulama dan umaro untuk kebangkitan Jakarta dari pandemi COVID-19.

7. 30 Days Challenge Jakarta Khatam Al-Qur’an

Sebuah upaya dan energi Ramadan untuk khatam bersama satu Jakarta. Dalam pelaksanaannya, satu kelurahan dapat khatam satu juz Al-Qur’an.

8. Kultum Ramadan di Masjid Fatahillah Komplek Balai Kota

Meningkatkan kebersamaan dan keimanan internal jajaran Pemprov DKI Jakarta.

9. Nuzulul Al-Qur’an di Masjid Fatahillah Komplek Balai Kota

Meningkatkan kebersamaan dan keimanan internal jajaran Pemprov DKI Jakarta. Peringatan hari turunnya Al-Qur’an ini juga dapat disaksikan oleh masyarakat melalui siaran langsung pada kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada 28 April 2021.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3686 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3418 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3018 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2977 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2968 personAnita Karyati