You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Sudin SDA Jaktim Akan Bangun Delapan Saluran Air Senilai Rp 15 Miliar

Sudin SDA Jaktim akan Bangun Delapan Saluran Air


Reporter: Nurito
Editor: Budhy Tristanto

30 April 2021 17:30 WIB | Dibaca 766 X
Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, akan membangun saluran air di delapan lokasi berbeda, mulai akhir Mei nanti. Total panjang saluran yang akan dibangun sekitar 4.589 kilometer dengan alokasi anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, saat ini proses lelang pembangunan delapan titik saluran air telah selesai dan tanda tangan kontrak lelang dilakukan pada 23 April lalu.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi proyek di masing-masing kelurahan pada warga sekitar. Agar saat pekerjaan warga tidak kaget dan memaklumi adanya pekerjaan yang sebelumnya telah diusulkan warga melalui kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

“Kami mohon maaf saat pelaksanaan nanti ada dampaknya. Seperti adanya tanah bekas galian yang tercecer. Namun kita tetap meminimalisir karena tanah bekas galian akan langsung diangkut agar tidak mengganggu. Makanya kita lakukan sosialisasi terlebih dulu,” kata Saugi, Jumat (30/4).

Menurutnya, delapan lokasi dibangunnya saluran air di Jl Tipar Cakung (Kelurahan Cakung Barat) sepanjang 555 meter, titiknya mulai dari Jl Raya Bekasi hingga ke pool PPD dan Jl Raya Bekasi hingga Gang Arion.

Kemudian di Jl Tipar Cakung (Kelurahan Cakung Barat), dari Gang Arion hingga Jl Inspeksi PAM sepanjang 609 meter. Selain itu saluran air di Jl Palad (Kelurahan Pulogadung) sepanjang 420 meter, saluran air Jl Raya Setu (Kelurahan Cipayung) dari Jl Pintu II Mabes TNI hingga ke depan Agen Gas LPG sepanjang 943 meter, saluran air dari depan agen gas LPG sampai ke depan gerbang Mabes sepanjang 772 meter.

Selanjutnya saluran air di Jl SMPN 126 (Kelurahan Tengah) sampai dengan Jl Inerbang sepanjang 473 meter, saluran Phb Laut Sulawesi (Kelurahan Duren Sawit) dari Jl Laut Samudra hingga ke Jl Selat Sunda 3 sepanjang 311 meter. Kemudian Saluran Phb Laut Sulawesi (Kelurahan Duren Sawit), dari Jl Selat Sunda 3 hingga ke Jl Laut Banda sepanjang 506 meter.

Disebutkan, pembangunan saluran air dan kelengkapannya ini dilakukan melalui sistem e-Katalog Purchasing. Saluran air yang akan dibangunnya itu akan dipasangi beton U Ditch dengan dimensi 60x60 sentimeter dan 200x200 sentimeter. Selain itu juga ada yang menggunakan box culvert.

"Proses pekerjaan ditargetkan rampung dalam waktu dua setengah sampai tiga bulan. Harapannya pembangunan saluran air ini bisa mengatasi banjir atau genangan yang terjadi," pungkas Saugi.