You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin SDA Jaktim Akan Bangun Delapan Saluran Air Senilai Rp 15 Miliar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin SDA Jaktim akan Bangun Delapan Saluran Air

Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, akan membangun saluran air di delapan lokasi berbeda, mulai akhir Mei nanti. Total panjang saluran yang akan dibangun sekitar 4.589 kilometer dengan alokasi anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Proses pekerjaan ditargetkan rampung dalam waktu dua setengah sampai tiga bulan

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, saat ini proses lelang pembangunan delapan titik saluran air telah selesai dan tanda tangan kontrak lelang dilakukan pada 23 April lalu.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi proyek di masing-masing kelurahan pada warga sekitar. Agar saat pekerjaan warga tidak kaget dan memaklumi adanya pekerjaan yang sebelumnya telah diusulkan warga melalui kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

Pengurasan Saluran di Jl Kaca Jendela II Butuh Waktu Dua Bulan

“Kami mohon maaf saat pelaksanaan nanti ada dampaknya. Seperti adanya tanah bekas galian yang tercecer. Namun kita tetap meminimalisir karena tanah bekas galian akan langsung diangkut agar tidak mengganggu. Makanya kita lakukan sosialisasi terlebih dulu,” kata Saugi, Jumat (30/4).

Menurutnya, delapan lokasi dibangunnya saluran air di Jl Tipar Cakung (Kelurahan Cakung Barat) sepanjang 555 meter, titiknya mulai dari Jl Raya Bekasi hingga ke pool PPD dan Jl Raya Bekasi hingga Gang Arion.

Kemudian di Jl Tipar Cakung (Kelurahan Cakung Barat), dari Gang Arion hingga Jl Inspeksi PAM sepanjang 609 meter. Selain itu saluran air di Jl Palad (Kelurahan Pulogadung) sepanjang 420 meter, saluran air Jl Raya Setu (Kelurahan Cipayung) dari Jl Pintu II Mabes TNI hingga ke depan Agen Gas LPG sepanjang 943 meter, saluran air dari depan agen gas LPG sampai ke depan gerbang Mabes sepanjang 772 meter.

Selanjutnya saluran air di Jl SMPN 126 (Kelurahan Tengah) sampai dengan Jl Inerbang sepanjang 473 meter, saluran Phb Laut Sulawesi (Kelurahan Duren Sawit) dari Jl Laut Samudra hingga ke Jl Selat Sunda 3 sepanjang 311 meter. Kemudian Saluran Phb Laut Sulawesi (Kelurahan Duren Sawit), dari Jl Selat Sunda 3 hingga ke Jl Laut Banda sepanjang 506 meter.

Disebutkan, pembangunan saluran air dan kelengkapannya ini dilakukan melalui sistem e-Katalog Purchasing. Saluran air yang akan dibangunnya itu akan dipasangi beton U Ditch dengan dimensi 60x60 sentimeter dan 200x200 sentimeter. Selain itu juga ada yang menggunakan box culvert.

"Proses pekerjaan ditargetkan rampung dalam waktu dua setengah sampai tiga bulan. Harapannya pembangunan saluran air ini bisa mengatasi banjir atau genangan yang terjadi," pungkas Saugi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5679 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4627 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4381 personNurito
  4. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4247 personAnita Karyati
  5. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4239 personTiyo Surya Sakti