You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
300 Jakpreneur Dinas PPAPP Difasilitasi Ikut Berbagai Bazar Selama Ramadan
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

300 Jakpreneur Dinas PPAPP Difasilitasi Ikut Berbagai Bazar Selama Ramadan

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta mengikutsertakan 300 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan (Jakpreneur) di berbagai kegiatan bazar selama Ramadan.

Kolaborasi serta inovasi perlu dilakukan

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, untuk kegiatan yang diikuti meliputi bazar online yang dilaksanakan sebanyak enam kali dan bazar offline mencapai 12 kali.

"Jumlah peserta pelaku UMKM binaan Dinas PPAPP berkisar 40-60 Jakpreneur dari setiap wilayah," ujarnya, Senin (3/5).

40 Jakpreneur Jakbar Ramaikan Bazar Festival Ramadan di Lippo Mal Kembangan

Tuty menjelaskan, bazar diadakan dengan berbagai alternatif, baik dari aspek penyelenggara maupun bentuknya. Dari sisi penyelenggara Dinas PPAPP berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi, perusahaan dan organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang juga mengampu program Jakpeneur.

"Kami bekerja sama dengan OPD lain terlibat dalam bazar bertajuk Ramadhan Fest yang diadakan di pusat-pusat perbelanjaan di lima wilayah kota administrasi," terangnya.

Ia menambahkan, untuk bazar online yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi/universitas, produk Jakpreneur dipasarkan melalui aplikasi khusus yang dikembangkan oleh masing-masing kolaborator, selain marketplace umum lainnya dan media sosial.

Tuty menjelaskan, pandemi Covid-19 mendorong pihaknya untuk mencari alternatif yang dapat dilakukan agar Jakpreneur bisa bertahan dalam menjalankan usaha. Misalnya, mencari mitra usaha dan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dalam pemasaran produk.

"Kolaborasi serta inovasi perlu dilakukan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan berkembang. Kita memanfaatkan bulan Ramadan untuk memasarkan produk Jakpreneur sebanyak-banyaknya dengan berbagai event dan cara supaya binaan kita berkembang," ungkapnya.

Menurutnya, pemasaran untuk membantu Jakpreneur akan dilakukan berkelanjutan, tidak hanya di bulan Ramadan. Dinas PPAPP akan melakukan evaluasi terhadap aplikasi yang dapat menjadi marketplace produk Jakpreneur.

"Prinsipnya adalah semangat kita untuk menciptakan marketplace sebanyak-banyaknya sebagai ruang untuk memperluas pemasaran produk-produk Jakpreneur Dinas PPAPP, serta membuka peluang usaha dan kerja sama yang berkelanjutan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye6168 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5431 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5386 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5262 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5227 personAnita Karyati