You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
300 Jakpreneur Dinas PPAPP Difasilitasi Ikut Berbagai Bazar Selama Ramadan
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

300 Jakpreneur Dinas PPAPP Difasilitasi Ikut Berbagai Bazar Selama Ramadan

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta mengikutsertakan 300 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan (Jakpreneur) di berbagai kegiatan bazar selama Ramadan.

Kolaborasi serta inovasi perlu dilakukan

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, untuk kegiatan yang diikuti meliputi bazar online yang dilaksanakan sebanyak enam kali dan bazar offline mencapai 12 kali.

"Jumlah peserta pelaku UMKM binaan Dinas PPAPP berkisar 40-60 Jakpreneur dari setiap wilayah," ujarnya, Senin (3/5).

40 Jakpreneur Jakbar Ramaikan Bazar Festival Ramadan di Lippo Mal Kembangan

Tuty menjelaskan, bazar diadakan dengan berbagai alternatif, baik dari aspek penyelenggara maupun bentuknya. Dari sisi penyelenggara Dinas PPAPP berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi, perusahaan dan organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang juga mengampu program Jakpeneur.

"Kami bekerja sama dengan OPD lain terlibat dalam bazar bertajuk Ramadhan Fest yang diadakan di pusat-pusat perbelanjaan di lima wilayah kota administrasi," terangnya.

Ia menambahkan, untuk bazar online yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi/universitas, produk Jakpreneur dipasarkan melalui aplikasi khusus yang dikembangkan oleh masing-masing kolaborator, selain marketplace umum lainnya dan media sosial.

Tuty menjelaskan, pandemi Covid-19 mendorong pihaknya untuk mencari alternatif yang dapat dilakukan agar Jakpreneur bisa bertahan dalam menjalankan usaha. Misalnya, mencari mitra usaha dan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dalam pemasaran produk.

"Kolaborasi serta inovasi perlu dilakukan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan berkembang. Kita memanfaatkan bulan Ramadan untuk memasarkan produk Jakpreneur sebanyak-banyaknya dengan berbagai event dan cara supaya binaan kita berkembang," ungkapnya.

Menurutnya, pemasaran untuk membantu Jakpreneur akan dilakukan berkelanjutan, tidak hanya di bulan Ramadan. Dinas PPAPP akan melakukan evaluasi terhadap aplikasi yang dapat menjadi marketplace produk Jakpreneur.

"Prinsipnya adalah semangat kita untuk menciptakan marketplace sebanyak-banyaknya sebagai ruang untuk memperluas pemasaran produk-produk Jakpreneur Dinas PPAPP, serta membuka peluang usaha dan kerja sama yang berkelanjutan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Antisipasi Banjir, Pemkot Jaktim Keruk 13 Waduk

    access_time16-09-2021 remove_red_eye1032 personNurito
  2. Dua Lokasi Wisata Ini Berlaku Ganjil Genap di Hari Jumat Sampai Minggu

    access_time17-09-2021 remove_red_eye846 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Dinas PPKUKM DKI Adakan Pelatihan Manajemen Koperasi Berbasis Syariah

    access_time17-09-2021 remove_red_eye832 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Bagian Festival Kolaborasi Jakarta 2021

    access_time16-09-2021 remove_red_eye822 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kebijakan Baru Vaksinasi COVID-19 di DKI, Moderna dan Pfizer Tersedia di Seluruh Faskes dan Sentra Vaksin

    access_time16-09-2021 remove_red_eye821 personAldi Geri Lumban Tobing