You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
1.313 Peserta di 184 Lokasi Ikut Tanam Serentak
.
photo doc - Beritajakarta.id

1.313 Peserta Ikuti Aksi Tanam Serentak

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan kegiatan Tanam Serentak dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021. Kegiatan ini diikuti sebanyak 1.313 peserta.

Meningkat dari tahun sebelumnya 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, Tanam Serentak se-DKI Jakarta berlangsung di 184 lokasi di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Bahkan, ada 26 peserta dari luar Jakarta yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini.

Yuk Berkolaborasi Ikut Tanam Serentak se-DKI Jakarta

"Jumlah lokasi kegiatan Tanam Serentak ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan jumlah 92 lokasi. Artinya, minat dan antusiasme masyarakat untuk melakukan penanaman atau urban farming dengan memanfaatkan lingkungannya maupun ruang di sekitarnya terus meningkat," ujarnya, di Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, Jumat (4/6).

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini juga mengacu pada Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan. Tema yang diusung yakni "Urban Farming untuk Ketahanan Pangan".

"Kegiatan ini tidak terbatas pada pertanian, tapi juga perikanan dan peternakan. Adapun yang dibudidayakan pada kegiatan ini adalah sayuran daun dan sayuran buah, toga, tanaman buah, cabai, hidroponik, tabulampot, tanaman hias, mangrove hingga ikan," terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan Tanam Serentak ini merupakan bentuk kolaborasi dalam mengembangkan pertanian perkotaan di Jakarta, serta upaya pelestarian lingkungan dalam mewujudkan kemandirian ketahanan pangan.

Kegiatan urban farming tidak hanya terbatas pada lahan-lahan pertanian yang selama ini dilakukan masyarakat, tetapi sudah menyasar ke lahan-lahan lainnya baik itu milik masyarakat, pemerintah maupun swasta di DKI Jakarta.

"Dinas KPKP siap memberikan bantuan dan memfasilitasi baik itu dalam bentuk sarana prasarana, khususnya benih dan pendampingan kepada masyarakat yang menginginkan pendampingan dari kami,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4394 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3761 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3580 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3563 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3520 personAnita Karyati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved