You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas SDA - Kementerian PUPR Akan Normalisasi Kali Sunter di Cipinang Melayu
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Normalisasi Kali Sunter Masuki Tahap Pembebasan Lahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan melakukan  normalisasi Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Proses normalisasi sudah masuk dalam tahap pembebasan lahan yang dibayarkan pada tahun 2021.

Bantaran sungai juga akan dihijaukan

Kepala UP Pengadaan Tanah Dinas SDA DKI Jakarta, Roedito Setiawan mengatakan, pihaknya sebagai pelaksana dalam pembebasan lahan, sedangkan Kementerian PUPR RI sebagai pelaksana dalam pembangunan proses normalisasi.

"Proses pembayaran lahan akan dilakukan oleh Dinas SDA melalui rekening langsung pemilik apabila telah terjadi kesepakatan dalam musyawarah terkait bentuk maupun besaran ganti rugi antara pemilik lahan dengan Dinas SDA sesuai Alur pembebasan lahan pada Peraturan Gubernur Nomor 87 Tahun 2017, disertai dengan kelengkapan dokumen yang telah diverifikasi," ujarnya, Jumat (25/6).

Tanggul Saluran PHB Cisadane Timur di Kalideres Diperbaiki

Roedito menjelaskan, kondisi Kali Sunter sudah mengalami pendangkalan atau sedimentasi dan penyempitan badan kali. Sehingga, membuat air selalu meluap hingga ke pemukiman warga.

"Pemerintah melaksanakan kegiatan normalisasi di Kali Sunter ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap Jakarta serta memberikan kesadaran terhadap masyarakat mengenai fungsi kali yang sangat penting," terangnya.

Ia menambahkan, konsep naturalisasi yang akan dilaksanakan adalah mengembalikan atau mempertahankan bentuk alami sungai yang berliku-liku secara alami, memperlebar kembali badan sungai, dan mengeruk kedalaman sungai agar kapasitas daya tampung sungai mendekati daya tampung semula dan ideal.

"Bantaran sungai juga akan dihijaukan dengan tanaman yang berfungsi sebagai hidrolis ekologis alami, mencegah erosi dasar dan tebing sungai, serta meredam banjir," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3152 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2743 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2539 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2500 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2488 personAnita Karyati