You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KPKP Kalideres Lakukan Pengamatan Hama di Petanian Padi Semanan
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Peninjauan dan Pengamatan Hama Dilakukan di Lahan Pertanian Semanan

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) melalui Satpel KPKP Kalideres melakukan peninjauan dan pengamatan jenis organisme pengganggu tanaman atau hama di lahan pertanian padi, Jl Arsenih Pintu Air RT 10/08, Kelurahan Semanan.

Pengamatan dilakukan secara teliti di setiap petak

Kepala Satpel KPKP Kecamatan Kalideres, Mansyur mengatakan, selain melakukan pengamatan, pihaknya juga memasang jaring di areal lahan pertanian untuk menghalau hama burung.

"Pengamatan dilakukan secara teliti di setiap petak. Sebanyak sekali tantangan yang dihadapi kelompok tani di sini yakni keberadaan hama keong, belalang, tikus dan hama burung," ujar Mansyur, Senin (12/7).

15 Ton Padi Berhasil Dipanen dari Sawah Abadi Cakung

Dari hasil pengamatan, sambung Manyur, pihaknya nanti akan memutuskan apakah akan dilakukan penyemprotan pembasmi hama secara manual atau menggunakan pembasmi hama ramah lingkungan.

"Total luas lahan pertanian di sini mencapai 17 hektare. Yang baru siap panen hanya satu petak yang ditanami padi jenis pandan wangi varietas inpari 32. Kami berharap kelompok tani di sini semakin giat menanam pada meski di tengah suasana pandemi COVID-19," katanya.

Anggota Kelompok Tani Jawa Indah, Amo (40) mengaku bimbingan yang ia dapatkan dari Sudin KPKP Jakarta Barat sangat bermanfaat. Bimbingan atau materi yang didapatkan di antaranya yakni teknik pengolahan lahan, menebar benih hingga panen.

"Bagi kami dengan adanya bimbingan tersebut menjadi mudah. Selama bertani kami juga tidak menemukan kendala berarti," tuturnya.

Dia menambahkan, setelah panen nanti, ia dan kelompok taninya akan menjual hasil panennya ke pasar maupun ke warga sekitar. Namun kelompok tani juga harus berbagi hasil dengan pemilik lahan.

Sekadar diketahui, selain Kelurahan Semanan di Kecamatan Kalideres juga ada lahan pertanian lainnya yakni di Kelurahan Pegadungan seluas 40 hektare.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3332 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2985 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2701 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2662 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2653 personAnita Karyati