You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
panen warga
....
photo istimewa - Beritajakarta.id

180 Peserta Kelas Berkebun di Jakut Ikuti Panen Serentak

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali memimpin panen serentak secara virtual 180 peserta Kelas Berkebun dari lokasi urban farming di RW 06, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok.

Percontohan bagi warga lainnya

Yenny mengatakan, panen serentak secara virtual ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Selain, peserta Kelas Berkebun panen serentak ini juga diikuti empat penggiat urban farming dari Kecamatan Koja, Kecamatan Cilincing, Kecamatan Tanjung Priok dan Kecamatan Kelapa Gading serta penggiat Kampung Proklim Kelurahan Rawa Badak Selatan dan RPTRA se-Jakarta Utara.

"Total hasil panen sayuran kangkung dan bayam merah mencapai 92 kilogram. Kita jual Rp 15 per kilogram untuk sayuran kangkung dan bayam merah Rp 10 ribu per kilogram," ujarnya, Jumat (20/8).

Ini Rangkaian Kegiatan Dinas KPKP Memperingati HUT ke-494 Jakarta

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menambahkan, urban farming di Jakarta Utara memanfaatkan lahan tidur dan lahan kosong milik warga untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi.

"Konsepnya adalah bertani dan berkebun untuk konsumsi sendiri, sekaligus sebagai percontohan bagi warga lainnya agar bisa melakukan hal yang sama," terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis mengapresiasi Dinas KPKP, Dinas PPAPP dan Dinas Kominfotik DKI Jakarta yang telah bekerjasama dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta dalam melaksanakan Kelas Berkebun bagi warga Jakarta dan berharap melalui urban farming ini anggota PKK bisa menjadi pejuang pangan di masa pandemi.

Menurutnya, selain untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga urban farming juga bisa untuk pelestarian lingkungan, mengurangi dampak perubahan iklim, mengurangi sampah makanan sekaligus memberikan edukasi kepada generasi muda,

"Manfaatnya lainnya juga sangat terasa di lingkungan yaitu membantu membersihkan udara. Saya ingin mengajak warga Jakarta agar lebih peduli lingkungan dengan menanam sayuran dan buah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Antisipasi Banjir, Pemkot Jaktim Keruk 13 Waduk

    access_time16-09-2021 remove_red_eye1026 personNurito
  2. Dua Lokasi Wisata Ini Berlaku Ganjil Genap di Hari Jumat Sampai Minggu

    access_time17-09-2021 remove_red_eye839 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Dinas PPKUKM DKI Adakan Pelatihan Manajemen Koperasi Berbasis Syariah

    access_time17-09-2021 remove_red_eye825 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Bagian Festival Kolaborasi Jakarta 2021

    access_time16-09-2021 remove_red_eye814 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kebijakan Baru Vaksinasi COVID-19 di DKI, Moderna dan Pfizer Tersedia di Seluruh Faskes dan Sentra Vaksin

    access_time16-09-2021 remove_red_eye813 personAldi Geri Lumban Tobing