You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kebudayaan DKI Gelar Pameran Tentang Ali Sadikin Melalui Virtual Tour
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas Kebudayaan DKI Adakan Wisata Virtual Jejak Memori Ali Sadikin

Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar Pameran Temporer Jejak Memori Ali Sadikin Memimpin Jakarta mulai 18-30 Oktober 2021 di Museum Sejarah Jakarta melalui virtual tour (wisata virtual) karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Ditampilkan secara komprehensif

Pameran temporer ini terselenggara atas dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Museum dan Taman Budaya Tahun Anggaran 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, pameran ini merupakan upaya untuk me-refresh dan merefleksikan kembali ingatan atas jasa-jasa yang pernah Ali Sadikin lakukan untuk pembangunan Jakarta.

Yuk Datang ke Pameran Batik di Museum Tekstil Mulai 2-30 Oktober

"Dalam pameran ini, kiprah Gubernur DKI Jakarta ketiga akan dikupas satu per satu. Bagaimana Pak Ali Sadikin mengambil langkah-langkah kebijakan dalam pemerintahan juga akan ditampilkan secara komprehensif," ujarnya, Senin (18/10).

Iwan menjelaskan, Ali Sadikin merupakan sosok dan tokoh yang sangat erat kaitannya dengan Jakarta. Gubernur DKI Jakarta ketiga yang menjabat selama kurang lebih 11 tahun dari 1966 sampai 1977 ini dipercaya oleh Presiden Soekarno dalam mengurai dan menangani masalah-masalah perkotaan di Ibukota.

"Presiden Soekarno mengenal beliau sebagai pribadi yang tegas, sehingga menaruh harapan besar kepada Pak Ali Sadikin dapat memimpin Jakarta. Berbagai perkembangan yang berhasil dicapai pada masa kepemimpinan Ali Sadikin patut dijadikan teladan," terangnya.

Menurutnya, selama menjabat, Ali Sadikin berhasil mengembangkan Jakarta menjadi kota yang lebih modern sebagai Ibukota Indonesia. Ali Sadikin yang memiliki latar belakang militer, memiliki kharisma tersendiri dalam mengarahkan Jakarta menjadi kota yang nyaman dan tertib.

"Beberapa hasil kerja Pak Ali Sadikin yang bisa dinikmati sampai saat ini seperti Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki dan Taman Impian Jaya Ancol. Selain mendirikan berbagai sarana ruang publik, beliau juga berhasil mengembangkan transportasi umum seperti pengadaan bus kota, angkutan umum serta membuat halte di berbagai sudut kota," bebernya.

Iwan menambahkan, Jakarta lambat laun telah tumbuh menjadi kota metropolitan modern di tangan beliau. Di sisi lain, Ali Sadikin juga aktif berperan dalam rangka pengembangan budaya Betawi dengan melestarikan berbagai hal terkait ke-Betawi-an.

"Pada masa kepemimpinan Pak Ali Sadikin juga dilakukan pemilihan Abang None (Abnon) Jakarta untuk kali pertama," ungkapnya.

Ia menambahkan, pameran ini juga akan didukung dengan kegiatan Pojok Kuratorial Obral Obrol Emkaje bersama Bondan Kanumoyoso, serta penampilan atraksi teatrikal.

"Dinas Kebudayaan DKI Jakarta terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan pada unit-unit kerja kami. Mudah-mudahan pameran temporer mengenai Pak Ali Sadikin ini dapat terselenggara dengan baik dan membawa manfaat bagi audiens," tandasnya.

Untuk diketahui, pameran melalui wisata virtual ini dapat diakses masyarakat melalui kanal Youtube Museum Kesejarahan Jakarta dan Disbuddki serta Instagram Museum Kesejarahan maupun Disbuddki setiap pukul 10.00 WIB.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5322 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2597 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2361 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2331 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2255 personNurito