You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Kampung Melayu Kini Miliki Ambulans
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Warga Kampung Melayu Kini Punya Ambulans

Warga Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, kini memiliki ambulans. Pengoperasian ambulans ini diresmikan Wakil Wali Kota, Hendra Hidayat di halaman SMPN 26 Kampung Melayu, Rabu (20/10).

Ambulans ini merupakan swadaya warga sembilan RW

Ambulans ini dilengkapi westafel mini serta kotak obat-obatan, alat pemadam api ringan (Apar), tabung oksigen, kursi roda dan  tempat tidur pasien beroda.

Hendra Hidayat mengatakan, ambulans ini merupakan swadaya warga sembilan RW di Kampung Melayu. Dalam waktu tiga bulan warga menyumbangkan uangnya Rp 10 ribu per KK, yang dikumpulkan melalui pengurus RT/RW nya. Setelah terkumpul ada tambahan dari donatur dan uang langsung dibelanjakan untuk membeli satu unit mobil untuk dijadikan ambulans tersebut.

Wali Kota Jakpus Hadiri Serah Terima Ambulans untuk Masjid Agung Sunda Kelapa

"Warga hanya memberikan sekali Rp 10 ribu kepada panitia. Proses pengumpulan lamanya tiga bulan dan pada bulan ke empat, mobil ambulans sudah tersedia. Kami sangat mengapresiasi inisiatif warga Kampung Melayu dan berharap ini bisa diikuti warga di kelurahan lainnya," kata Hendra.

Menurutnya, jika hal ini bisa diterapkan di semua kelurahan maka akan sangat membantu pemerintah dalam hal penanganan COVID-19 maupun penyediaan ambulan bagi warga yang sakit atau meninggal dunia.

"Jika setiap kelurahan memiliki ambulans, maka saat warga membutuhkannya akan cepat teratasi," tuturnya.

Ketua Badan Pengelola Ambulans Kelurahan Kampung Melayu, Syamsudin menambahkan, rencananya ambulans akan disimpan di kantor kelurahan. Jika ada warga yang membutuhkannya bisa langsung menghubungi pengurus RW.

Operasional ambulans akan dilakukan oleh relawan warga sekitar. Setiap RW diminta menyiapkan dua orang untuk dijadikan relawan. Nantinya mereka akan dilatih oleh Sudin Kesehatan Jakarta Timur tentang cara pengoperasian ambulans dan penanganan gawat darurat.

"Perawatan ambulans juga akan dilakukan secara swadaya oleh warga. Yang membutuhkan tinggal menghubungi pengurus RW nya," ucap Syamsudin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5778 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5053 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4992 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4895 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4863 personAnita Karyati