You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Nakertrans dan Energi Jakpus Adakan Pelatihan Kreasi Kain Perca
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin Nakertrans dan Energi Jakpus Adakan Pelatihan Kreasi Kain Perca

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakarta Pusat berkolaborasi bersama PT Bank J Trust Indonesia mengadakan pelatihan kerajinan tangan kreasi kain perca di Ruang Pertemuan Kantor Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I. Rencananya, pelatihan ini akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Sasaran kami untuk kegiatan ini adalah para pencari kerja atau wirausaha pemula

Kepala Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim menuturkan, pelatihan ini untuk memberikan keterampilan kepada para pencari kerja atau peserta pelatihan agar siap dalam mengisi kesempatan kerja baik secara mandiri maupun kelompok. Dengan begitu diharapkan, dapat meningkatkan taraf hidup dan membuka kesempatan lapangan kerja baru serta meningkatkan perekonomian.

"Sasaran kami untuk kegiatan ini adalah para pencari kerja atau wirausaha pemula yang berdomisili di Jakarta Pusat dan telah melalui seleksi sehingga didapat sebanyak 45 peserta dari delapan kecamatan. Kami ingin memberikan solusi dalam rangka penanggulangan pengangguran dan kemiskinan di Jakarta Pusat, sehingga peserta pelatihan dapat membuka peluang usaha dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari mengikuti pelatihan ini," ujar Fidiyah, Senin (25/10).

Warga Rusun Marunda Produksi Masker dari Kain Perca

Menurutnya, biaya yang ditimbulkan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan kain perca ini di bebankan kepada PT Bank JTrust Indonesia. Harapannya para peserta dapat menciptakan wirausaha dengan produk-produk berkualitas dan meningkatkan taraf hidup untuk keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Pusat, Ucu Jamilah yang membuka kegiatan pelatihan ini mengatakan, untuk sebagian orang kain perca termasuk limbah sisa industri pakaian atau konveksi yang tidak bermanfaat. Tapi di tangan UMKM kreatif, kain perca akan memiliki nilai jual tinggi dan bermanfaat. Kain perca bisa diolah menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi seperti tas, bros, keset, karpet, sandal dan lain sebagainya.

"Saya bangga karena sasaran pelatihan ini untuk masyarakat yang sedang mencari pekerjaan dan ibu PKK di masing-masing wilayah turut dilibatkan dalam pelatihan ini. Ini merupakan kolaborasi yang baik," katanya.

Adapun strategi yang tepat dalam usaha rumahan kain perca antara lain, menciptakan desain atau model yang unik, dapat menambah daya tarik kemasan, bisa memanfaatkan momen dan event tertentu, serta mengikuti tren yang sedang populer dan melakukan promosi di berbagai tempat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5909 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5178 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5126 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5017 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye4986 personAnita Karyati