You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
FKUB Jakarta Timur Gelar Temu Tokoh Pemuda Lintas Agama
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

FKUB Jaktim Adakan Temu Tokoh Pemuda Lintas Agama

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Temu Tokoh Pemuda Lintas Agama di Waduk Ria Rio, Pulogadung.

P entingnya persatuan dalam perbedaan

Kegiatan bertema "Upaya Memperteguh Trilogi Kerukunan" ini diisi dengan Deklarasi Garda Muda Kerukunan Umat Beragama dan Ikrar Kerukunan Umat Beragama.

Sekretaris Kota Jakarta Timur, Fredy Setiawan mengatakan, FKUB memegang peranan penting dalam menciptakan kesejukan di Jakarta salah satunya melalui kerukunan antar umat beragama.

FKUB Jakpus Diminta Ajak Warga Patuhi Prokes

Melalui adanya temu pemuda lintas agama ini antar pemuda saling menguatkan satu sama lain, ada komunikasi yang efektif, silaturahmi yang kuat dan gotong royong yang tinggi untuk melakukan aksi-aksi sosial yang nyata.

"Jakarta ini memiliki karakteristik masyarakat yang begitu plural baik dari suku, agama dan lain-lain. Ini yang harus menjadikan kita sebagai warga masyarakat, khususnya Jakarta Timur menjadi yang terdepan dalam memberikan penyadaran dan pemahaman kepada masyarakat luas tentang pentingnya persatuan dalam perbedaan," ujarnya, Selasa (16/11).

Fredy menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur selalu mendukung segala bentuk toleransi dalam kehidupan beragama. Menurutnya, toleransi merupakan penghargaan dan penghormatan kepada setiap umat manusia bahwa perbedaan budaya, agama, ras, bahasa, suku bangsa dan lain-lain harus diberikan ruang dan saling menghargai satu sama lain.

"Saya mengajak mari kita buang jauh sikap kebencian, ketidaksukaan dan permusuhan," ungkapnya.

Menurut Fredy, generasi muda yang cepat terpengaruh selalu menjadi titik lemah. Untuk itu, dengan adanya temu tokoh pemuda lintas agama ini dapat menyamakan perbedaan masing-masing.

"Kebhinekaan yang kita dapat adalah warisan kekayaan yang harus kita junjung tinggi. Terpenting, bagaimana kita bisa melihat perspektif dari orang lain, kita bisa saling membangun, pengertian dan mendorong semangat dialog," bebernya.

Sementara itu, Ketua FKUB Jakarta Timur, Ma’arif Fuadi menuturkan, dibentuknya forum ini bertujuan mengumpulkan pemuda-pemuda lintas agama untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kerukunan kehidupan beragama, khususnya di Jakarta Timur.

Kegiatan yang diadakan bertepatan dengan Hari Toleransi Internasional ini diisi dengan Ikrar Kerukunan Umat Beragama. Melalui ikrar tersebut ada komitmen para pemuda mendukung program pemerintah dalam hal trilogi kehidupan umat beragama yakni kerukunan umat seagama, kerukunan antar umat beragama, antar umat agama dengan pemerintah.

"Masyarakat Jakarta sangat heterogen, pembentukan FKUB ini pemuda bisa terlibat untuk sama-sama memelihara kerukunan yang dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan nyata seperti bakti sosial dan sebagainya yang bisa memperkuat pemuda lintas agama ini. Kita sangat mengharapakan adanya kolaborasi dan sinergisitas dengan Pemkot dan instansi terkait supaya mendukung upaya pemuda dalam menunjung tinggi dan melaksanakan toleransi ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6103 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3205 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3114 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3061 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2881 personNurito