You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
200 Personel Gabungan Simulasi Penanggulangan Banjir di Universitas Borobudur
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

200 Personel Gabungan Simulasi Penanggulangan Banjir di Cipinang Melayu

Sebanyak 200 personel gabungan mengikuti gladi posko dan gladi lapangan simulasi kesiapsiagaan penanggulangan banjir di halaman Universitas Borobudur, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Rabu (17/11).

Meningkatkan koordinasi lintas sektor

Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu dilakukan apel yang dipimpin Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang hadir secara virtual dari Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Sekretaris Kota Jakarta Timur, Fredy Setiawan mengatakan, simulasi ini melibatkan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) setempat. Tujuannya, untuk memastikan dan melatih kepekaan serta kemampuan para petugas di lapangan, baik dalam pengarahan personel maupun menggunakan peralatan.

Pemprov DKI Gerak Cepat Atasi Banjir dan Genangan, Kurang dari 6 Jam Seluruh Wilayah Surut

"Kita juga ingin berlatih agar setiap petugas yang ada bisa meningkatkan koordinasi lintas sektor. Tidak hanya dengan unsur internal pemerintah daerah, tetapi juga dengan unsur tiga pilar dan unsur masyarakat untuk bersama-sama melakukan penanganan bencana dengan baik dan cepat," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0505/Jakarta Timur, Kolonel (Kav) Rahyanto Edy Yunianto menambahkan, jajaran TNI akan siap membantu penanggulangan banjir di Jakarta.

"Selain personel, kami juga siap mengerahkan sarana dan prasarana pendukung seperti ambulans, peralatan rescue dan perahu karet," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam simulasi ini, sejumlah posko mulai dari pengungsian, kesehatan, siaga bencana hingga keamanan didirikan yang terkait dengan penanggulangan bencana banjir. Selain itu ada media center, mobile toilet, ambulans dan mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan dalam simulasi ini.

Simulasi dilakukan secara riil untuk memperoleh gambaran nyata di lapangan agar penanganan atau respons cepat dapat dilakukan. Sehingga, jatuhnya korban dalam bencana banjir ini bisa dicegah. Kemudian, warga terdampak banjir bisa tertangani dengan baik.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4653 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4027 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4005 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3842 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2915 personAnita Karyati