You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
SDA Akan Bangun Crossing di Jl Sugiono Duren Sawit Nanti Malam
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

SDA Mulai Bangun Crossing di Jl Sugiono Duren Sawit Malam Ini

Satgas Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, akan membangun crossing saluran air di Jl Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jumat (26/11) malam ini. Pembuatan crossing ini untuk mengatasi genangan di pemukiman warga di RW 06 dan 09 Kelurahan Duren Sawit.

Targetnya dalam waktu tiga hari kelar.

Rencana pembuatan crossing ini diputuskan dalam rapat gabungan yang dihadiri Sudin SDA, Sudin Bina Marga, Sudin Perhubungan, Satpol PP dan Satwil Lantas Jakarta Timur di kantor wali kota. Rapat dipimpin Sekretaris Kota, Fredy Setiawan.

Progres Pembuatan Crossing Inlet dan Outlet Waduk Giri Kencana Capai 60 Persen

Menurut Fredy, pembuatan crossing ini untuk mengatasi genangan yang biasa terjadi di wilayah RW 06 dan 09 Kelurahan Duren Sawit. Pemicunya adalah, saluran penghubung (Phb) yang ada di Jl Abadi menuju ke saluran Phb Tegal Amba di Jl Dermaga mengalami penyempitan. Sehingga saat debit air tinggi air berbalik arah ke Jl Abadi. Karenanya pihaknya meminta pada Sudin SDA untuk melakukan manuver dengan cara membuat crossing untuk dialirkan ke Kanal Banjir Timur (KBT).

“Pembuatan crossing ini diharapkan debit air bisa dibagi ke arah saluran Phb Tegal Amba dan KBT. Sehingga ini akan mengurangi beban air yang berada di saluran Phb Abadi dan Saluran Phb Jl Melur yang berada di Komplek Abadi," kata Fredy.

Menurutnya, karena crossing yang akan dibuat melintasi di bawah Jl Kolonel Sugiono maka pihaknya meminta semua unit terkait untuk melakukan antisipasi agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas. Apalagi di kawasan KBT juga banyak pedagang kaki lima yang berjualan di malam hari.

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto menambahkan, panjang crossing yang akan dibangun di Jl Kolonel Sugiono ini 16 meter. menggunakan beton box culvert berukuran 1,5x1,5 meter. Crossing ini akan terkoneksi dengan Saluran Phb Jl Abadi dan Jl Amarta yang akan dinormalisasi. Nantinya crossing tersebut akan terkoneksi dengan KBT.

“Mulai nanti malam, pukul 21.00 – 05.00 crossing di Jl Kolonel Sugiono akan kita bangun. Targetnya dalam waktu tiga hari kelar. Namun, jika tidak tuntas maka akan dilanjutkan pada pekan depan. Karena jika dikerjakan hari biasa, dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas yang parah,” kata Puryanto.

Selain membuat crossing di Jl Kolonel Sugiono, lanjut Puryanto, pihaknya saat ini juga sedang menormalisasi saluran Phb Jl Abadi sepanjang 50 meter. Satu alat berat dioperasikan untuk penggalian dan pemasangan beton U Ditch ukuran 1,2x1,2 meter dan di atasnya ditutup menggunakan beton. Proses pekerjaan sudah dilakukan sejak dua pekan lalu.

Demikian halnya saluran air di Jl Amarta sepanjang lima meter dan saluran gendong KBT sejajar dengan Jl Kolonel Sugiono 70 meter, akan dinormalisasi menyusul. Nantinya seluruh saluran air yang dinormalisasi ini akan saling terkoneksi dengan crossing saluran air di Jl Kolonel Sugiono.

"Proses pekerjaan ini dilakukan oleh sekitar 25 hingga 30 Satgas SDA. Kemudian, dua alat berat akan dikerahkan untuk percepatan pekerjaan crossing tersebut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye6055 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5328 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5278 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5159 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5124 personAnita Karyati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved