You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakpus Gencar Sosialisasi Pilah Sampah di Tingkat RW
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemkot Jakpus Gencarkan Program Pemilahan Sampah

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat semakin gencar dalam menyosialisasikan program pemilahan atau pengelolaan sampah mulai dari lingkungan RW. Hari ini, sosialisasi dilangsungkan di RW 04 dan 06 Kelurahan Galur, Johar Baru.

Sudah satu bulan ini kita melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan sampah di tiap RW

Kasi Pengendalian Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat, Binsar Siregar mengatakan, pengelolaan sampah tersebut sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga (RW). Saat ini, setidaknya sudah ada 198 RW dari total sebanyak 389 RW di Jakarta Pusat yang telah menjalankan program tersebut.

"Sudah satu bulan ini kita melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan sampah di tiap RW. Dapat dikatakan baru satu hingga lima persen yang sudah berjalan program pilah sampah," ujar Binsar, Kamis (9/12).

Satpel LH Cempaka Putih Angkut 23.173 Kilogram Sampah Organik

Binsar menerangkan untuk program pilah sampah ini tidak mudah karena memerlukan kesadaran dari masyarakat. Untuk itu perlu ada sosialisasi dari tingkat kota yang berkolaborasi dengan camat, lurah, satuan pelaksana LH, RW, serta kader PKK-nya untuk langsung melakukan peninjauan ke lapangan.

"Hari ini warga langsung kita berikan contoh dengan melakukan penimbangan bagi warga yang sudah melakukan pilah sampah dan hasilnya kita berikan upah. Tujuannya agar warga lainnya juga melakukan pilah sampah dan bisa langsung di catat data KK-nya. Untuk memulai kegiatan bisa dari pilah sampah di rumah dengan memisahkan sampah organik dan non organik," ucapnya.

Lurah Galur, Ati Kusmiati mengatakan, untuk setiap RW ditargetkan 50 KK dapat aktif melakukan pilah sampah. Untuk itu, perlu dilakukan gerakan penimbangan seminggu tiga kali di tiap RW dan pengangkutan sampahnya menggunakan mobil PPSU dan LH.

"Warga yang belum melakukan bisa mengikuti jejak tetangganya untuk ikut kegiatan ini," tuturnya.

Leha (57), warga RW 04 Kelurahan Galur mengaku sudah melakukan pilah sampah botol minuman plastik sejak dua bulan lalu. Dari kegiatan tersebut dalam setiap penimbangan, ia mengaku bisa mengumpulkan 1-2 kilogram tutup botol plastik.

"Karena banyak sampah, saya berinisiatif mengumpulkan botol bekasnya. Saya juga mendapatkan info dari bu RW terkait penimbangan sampah oleh pihak Sudin LH Jakarta Pusat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1805 personNurito
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1803 personNurito
  3. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1798 personAnita Karyati
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1773 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1727 personAnita Karyati