You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Dukcapil Jaktim Bentuk10 RW Percontohan Program KAMSA
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin Dukcapil Jaktim Bentuk 10 RW Percontohan Program KAMSA

Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur, membentuk 10 RW percontohan program Gerakan Kampung Sadar Administrasi Kependudukan (KAMSA), Selasa (21/12) di ruang pola kantor wali kota.

Menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan yang mudah, cepat dan gratis,

Pembentukan RW percontohan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh pengurus RW, lurah, Sudin Dukcapil dan disaksikan Kadis Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin.

Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Nurrahman mengatakan, gerakan Kampung Sadar Administrasi Kependudukan ini sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), sekaligus upaya memenuhi seluruh kebutuhan dokumen kependudukan bagi masyarakat.

Dinas Dukcapil Hadirkan Inovasi Layanan di Pusat Grosir Ciliitan

"Gerakan Kampung Sadar Administrasi Kependudukan ini untuk menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan yang mudah, cepat dan gratis," kata Nurrahman.

Menurutnya, 10 RW yang menjadi pioner dalam program gerakan Kampung Sadar Administrasi Kependudukan ini masing-masing adalah, RW 02 Palmeriam (Matraman),  RW 011 Rawamangun (Pulogadung), RW 013 Cipinang Besar Utara (Jatinegara). Kemudian RW 012 Cililitan (Kramat Jati), RW 01 Kalisari  (Pasar Rebo), RW 03 Rawa Teratai  (Cakung).

Selanjutnya RW 013 Malaka Jaya (Duren Sawit), RW 06 Halim Perdana Kusumah (Makasar), RW 09 Ciracas (Ciracas) dan RW 02 Kelurahan Munjul,  Cipayung. Ditargetkan pada tahun 2022 mendatang program KAMSA ini akan menyasar ke 65 RW yang tersebar di 65 kelurahan.

Disebutkan, program ini mewujudkan kolaborasi, sinergi dan komitmen yang tinggi antara petugas Dukcapil di kelurahan (Kasatpel) dengan pengurus lingkungan atau Ketua RW. Sehingga berdampak positif terhadap pelayanan administrasi kependudukan.  

Sementara, Kadis Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin menambahkan,  program KAMSA ini dimulai dari tingkat RW kemudian akan ditingkatkan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota. 

Dari pembentukan KAMSA ini, lanjut Budi,  diharapkan dalam satu RW masyarakatnya sudah tertib administrasi kependudukannya. Sehingga target cakupan kepemilikan Adminduk mulai dari KTP,  KIA, akta lahir, KK  bisa melampaui target nasional. Tentunya RW yang telah melaksanakan program KAMSA akan diberikan piagam  penghargaan.

"KAMSA diawali di Jakarta Timur karena ini diinisiasi oleh Sudin Dukcapil Jakarta Timur. Selanjutnya wilayah lain juga akan dilakukan layanan jemput bola," pungkasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2695 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2497 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2371 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2367 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2247 personTP Moan Simanjuntak