You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kembangkan Kompetensi Pegawai, Pemprov DKI Luncurkan Jakarta Corporate University (Jakcorpu)
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Kembangkan Kompetensi Pegawai, Pemprov DKI Luncurkan Jakarta Corporate University (JakCorpU)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan penerapan pendekatan Corporate University dalam pengembangan SDM di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Hal tersebut ditandai melalui kegiatan Grand Launching Jakarta Corporate University (JakCorpU) yang diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, selaku Pelaksana Harian Jakarta Corporate University mewakili Gubernur DKI Jakarta, secara hybrid di Ruang Pola, Balaikota DKI Jakarta, pada Selasa (21/12).

Inilah yang kita sebut dengan organisasi pembelajaran

JakCorpU merupakan sistem pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan pendidikan, pembelajaran, dan penerapan nilai-nilai dengan target kinerja dalam suatu manajemen pengetahuan. JakCorpU merupakan strategi untuk pengembangan kompetensi SDM/pegawai, khususnya di lingkungan Provinsi DKI Jakarta agar memiliki kapabilitas, bermoral tinggi, profesional, dan berkelas dunia.

Konsep Corporate University diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 yang mengatur bahwa pengembangan kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terpadu atau yang dikenal sebagai Corporate University. Pemprov DKI Jakarta kemudian menindaklanjuti melalui Keputusan Gubernur nomor 1211 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendekatan Sistem Pembelajaran Terintegrasi/Terpadu di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta (Jakarta Corporate University).

HUT ke-50 Korpri, Sekda Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan Terbaik

“Penerapan konsep Corporate University dalam pengembangan kompetensi aparat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta diarahkan untuk mewujudkan keselarasan antara arahan kebijakan strategis Pemerintah Daerah dengan dukungan dan kesesuaian kompetensi pegawai yang diperlukan untuk mendelegasikan kebijakan strategis tersebut,” ujar Sekda Marullah dalam sambutannya, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Sekda Marullah turut menginstruksikan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov DKI Jakarta agar bersikap proaktif dan segera menyiapkan diri untuk memahami konsep Corporate University dan terlibat aktif dalam mengejawantahkan konsep pembelajaran strategis ini.

“Seluruh lini organisasi harus terlibat secara aktif dalam menciptakan, meraih, dan mengubah pengetahuan/informasi dan memperbaiki sikapnya sebagai cerminan pengetahuan dan pandangan baru. Inilah yang kita sebut dengan organisasi pembelajaran. Saya juga menginstruksikan kepada Kepala BPSDM Provinsi DKI Jakarta untuk bekerja sama dengan perangkat daerah terkait, khususnya dalam rangka peningkatan kualitas modernisasi fasilitas pembelajaran, baik sarana dan prasarana fisik maupun dukungan teknologi informasi,” lanjut Sekda Marullah.

Sementara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi DKI Jakarta, Mochamad Mifathulloh Tamary menyatakan, Grand Launching ini terlaksana berkat kolaborasi antara BPSDM Provinsi DKI Jakarta bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Inisiasi JakCorpU juga telah dimulai sejak 2019 dengan melaksanakan studi banding ke lembaga yang telah menyelenggarakan Corporate University seperti Kementerian Keuangan, Telkom, dan PLN.

“Kemudian pada tahun 2020 dan 2021, meski dalam keadaan pandemi COVID-19, kami tetap berproses untuk persiapan pelaksanaan JakCorpU yang dibuktikan dengan telah terbentuknya rumah dan tata kelola Jakarta Corporate University, kelengkapan regulasi Jakarta Corporate University, serta yang dilaksanakan hari ini, Grand Launching Jakarta Corporate University,” jelas Miftahulloh.

Peresmian JakCorpU menandai era baru penerapan strategi pengembangan kompetensi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang mengacu pada konsep corporate university. Dalam pendekatan Corporate University, hasil pembelajaran juga diarahkan untuk memenuhi kaidah RAIA (relevant, applicative, impacful accessible) sehingga dapat lebih memberikan impact pada unit kerja. Dalam hal ini, unit kerja terlibat mulai dari perumusan analisis kebutuhan pembelajaran, pembentukan skill group owner (SGO) hingga implementasi pelatihan di tempat kerja (learning at work) melalui skema 70:20:10. Pendekatan learning at work memberikan peluang pembelajaran yang lebih variatif termasuk kesempatan melakukan learning from others dan learning from experience.

Diharapkan dengan perubahan-perubahan tersebut terwujud “Transformasi Metode Pengembangan Kompetensi dan Perilaku Aparat Menuju Terwujudnya Jakarta sebagai Smart City dan City of Collaboration yang berahlak dan berbudaya” yang menjadi tema Grand Launching JakCorpU. Transformasi tersebut juga akan menjadi pendorong perubahan kualitas kinerja ASN Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sehingga dapat semakin optimal bekerja dalam rangka mewujudkan visi Jakarta sebagai kota yang maju dan bahagia warganya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1513 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1468 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1431 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1424 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1404 personAldi Geri Lumban Tobing