You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 20 Pohon Alpukat Pameling Ditanam di Kebon Bibit Cibubur
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

20 Pohon Alpukat Pameling Ditanam di Kebon Bibit Cibubur

Tinggi bibit pohon ini rata-rata  sekitar satu hingga 1,5 meter

Sebanyak 20 bibit pohon Alpukat Pameling ditanam di Kebon Bibit Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/12). Seluruh bibit tanaman ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI. Total ada 285 bibit pohon induk bantuan dari Kementan yang diberikan ke Pemprov DKI dan akan ditanam di 14 Lokasi kebon bibit.

Kader TP PKK Jaktim Studi Banding ke Kebon Bibit Agro Wisata Cilangkap

Proses penanaman bibit tanaman ini dipimpin Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI, Ali Nurdin. Kegiatan ini melibatkan unsur Pusbang Benih Dinas KPKP, Balai Pengawasan Sertifikasi Benih DKI dan penanggungjawab Kebon Bibit Cibubur.

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI yang juga Plt Kasuin KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin mengatakan,  pihaknya mendapatkan 285 bibit pohon induk yang tanamannya sudah memiliki sertifikat dan label putih dari Dirjen Holtikultura Kementan RI.  Ini menunjukkan bahwa bibit tanaman tersebut merupakan brand atau turunan pertama dari tanaman induknya.

Dijelaskan Ali, 285 bibit tanaman ini jenisnya adalah Mangga Garipta sebanyak 100 pohon, Klengkeng Kateki 75 pohon, Durian Bawor 10 pohon, Jeruk Siam Banjar 30 pohon, Durian Musangking 20 pohon dan Alpukat Pameling 50 pohon.

"Ke 285 pohon induk ini merupakan tanaman unggulan provinsi yang ada di Indonesia. Seluruhnya berlabel putih, sebagai tanda keturunan pertama dari pohon induk," kata Ali.

Menurutnya, seluruh bibit tanaman ini nantinya dijadikan pohon induk. Sehingga Pemprov DKI ke depannya tidak perlu repot lagi mengambil mata tunas atau entres untuk diokulasi. Seluruh tanaman ini juga akan menjadi tanaman unggulan provinsi yang sudah dilepas Kementan RI sebagai buah unggulan.

"Tinggi bibit pohon ini rata-rata  sekitar satu hingga 1,5 meter," ujar Ali.

Dia menambahkan, 285 bibit tanaman ini disebar ke 14 lokasi kebon bibit di Jakarta. Yakni Kebon Bibit Cibubur, Agro Wisata Cibubur, Agro Wisata Cilangkap, Hidroponik Cilangkap. Kemudian Kebon Bibit Ragunan, Ciganjur, Kelapadua Wetan, Lebak Bulus, Ujung Menteng, Sukapura, Cengkareng dan Kamal Muara. Selain itu di Sawah Abadi Cakung.

"Khusus di Kebon Bibit Cibubur, Agro Wisata Cilangkap dan Kebon Bibit Ciganjur, masing-masing ada 20 pohon yang ditanam. Karena ini sebagai pusat pembibitan tanaman dan tanahnya juga bagus," pungkas Ali.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3015 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2939 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2879 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2682 personAldi Geri Lumban Tobing
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved