You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin LH Jaksel Kembangkan Aplikasi Sampah Warga
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Sudin LH Jaksel Kembangkan Aplikasi Pengelolaan Sampah

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan berkolaborasi dengan penggiat lingkungan hidup mengembangkan program pengelolaan sampah berbasis digital dengan menggunakan aplikasi Kaktus. Nantinya, sampah yang diangkut dari permukiman warga dapat diketahui melalui aplikasi Kaktus di telepon pintar milik warga.

Bermodalkan barcode yang dipasang

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengapresiasi kolaborasi antara Sudin LH bersama para penggiat lingkungan hidup untuk mewujudkan solusi penanganan sampah berbasis digital.

"Saya berharap kolaborasi ini tidak sebatas seremonial, tapi berkelanjutan sehingga diketahui secara riil data jumlah sampah yang dihasilkan warga," ujar Munjirin, Kamis (10/2).

Poktan Bunga Kamboja di Pela Mampang Budidayakan Magot

Kepala Sudin LH Jakarta Selatan, M Amin menjelaskan, penggiat lingkungan hidup memiliki program untuk memantau alur sampah rumah tangga dengan menggunakan aplikasi Kaktus.

"Bermodalkan barcode yang dipasang di setiap gerobak motor, sampah yang disetor ke petugas bisa diketahui identitas warga, berapa banyak dan jenis serta waktu pengangkutan," ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi pengelolaan sampah menggunakan aplikasi Kaktus sementara ini telah diterapkan di dua depo sampah yakni Kecamatan Tebet dan Pesanggrahan. Pihaknya, sambung Amin, bersama penggiat lingkungan hidup melakukan pengelolaan sampah warga di Kecamatan Tebet dan Pesanggrahan dengan pemilahan sampah organik untuk dijadikan pakan Black Soldier Flies (BSF) atau maggot.

"Aplikasi Kaktus sudah mereduksi sampah organik hingga 40,9 ton dari Depo sampah Pesanggrahan dan Tebet Baru. Sampah organik dari sisa makanan dihasilkan kompos dan pakan maggot sekitar 2,3 ton setiap harinya dan jumlahnya terus meningkat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1469 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1330 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1075 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1016 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye988 personDessy Suciati