You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin LH Jaksel Kembangkan Aplikasi Sampah Warga
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Sudin LH Jaksel Kembangkan Aplikasi Pengelolaan Sampah

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan berkolaborasi dengan penggiat lingkungan hidup mengembangkan program pengelolaan sampah berbasis digital dengan menggunakan aplikasi Kaktus. Nantinya, sampah yang diangkut dari permukiman warga dapat diketahui melalui aplikasi Kaktus di telepon pintar milik warga.

Bermodalkan barcode yang dipasang

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengapresiasi kolaborasi antara Sudin LH bersama para penggiat lingkungan hidup untuk mewujudkan solusi penanganan sampah berbasis digital.

"Saya berharap kolaborasi ini tidak sebatas seremonial, tapi berkelanjutan sehingga diketahui secara riil data jumlah sampah yang dihasilkan warga," ujar Munjirin, Kamis (10/2).

Poktan Bunga Kamboja di Pela Mampang Budidayakan Magot

Kepala Sudin LH Jakarta Selatan, M Amin menjelaskan, penggiat lingkungan hidup memiliki program untuk memantau alur sampah rumah tangga dengan menggunakan aplikasi Kaktus.

"Bermodalkan barcode yang dipasang di setiap gerobak motor, sampah yang disetor ke petugas bisa diketahui identitas warga, berapa banyak dan jenis serta waktu pengangkutan," ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi pengelolaan sampah menggunakan aplikasi Kaktus sementara ini telah diterapkan di dua depo sampah yakni Kecamatan Tebet dan Pesanggrahan. Pihaknya, sambung Amin, bersama penggiat lingkungan hidup melakukan pengelolaan sampah warga di Kecamatan Tebet dan Pesanggrahan dengan pemilahan sampah organik untuk dijadikan pakan Black Soldier Flies (BSF) atau maggot.

"Aplikasi Kaktus sudah mereduksi sampah organik hingga 40,9 ton dari Depo sampah Pesanggrahan dan Tebet Baru. Sampah organik dari sisa makanan dihasilkan kompos dan pakan maggot sekitar 2,3 ton setiap harinya dan jumlahnya terus meningkat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5583 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2884 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2649 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2593 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2531 personNurito