You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 19,5 Ton Padi Berhasil Dipanen dari Sawah Abadi Cakung
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

19,5 Ton Padi Dipanen dari Sawah Abadi Cakung

Padi seberat 19,5 ton dipanen dari Sawah Abadi di kawasan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (24/2). Proses panen di lahan seluas sekitar tiga  hektare ini dipimpin Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Hasil untuk pemenuhan benih padi bagi petani binaan Dinas KPKP DKI.

Kepala  UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI, Ali Nurdin, Kepala BPS DKI Anggoro, serta Kasudin KPKP dari lima wilayah kota juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Menurut Eliawati,  panen padi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tiga atau empat bulan sekali. Padi hasil panen tidak digiling menjadi beras, tapi dijadikan benih dan akan dibagikan pada kelompok tani yang ada di wilayah Jakarta Barat dan Utara.

1.000 Ekor Ikan Nila Dipanen di Lombok Farm House Menteng

"Hasil panen ini untuk pemenuhan benih padi bagi petani binaan Dinas KPKP DKI. Panen kali ini kita libatkan BPS DKI untuk menghitung hasil panennya," kata Eliawati.

Dia mengungkapkan, saat ini di wilayah DKI ada 414 hektare lahan sawah yang dikelola Dinas KPKP. Masing-masing tersebar di Jakarta Utara seluas 341 hektare, Jakarta Barat 45 hektare dan Jakarta Timur 28 hektare. Seluruh sawah ini disuplai benih padi dari Sawah Abadi di Ujung Menteng, Cakung.

'Untuk mendapatkan benih padi itu, para kelompok tani bersurat terlebih dulu ke Dinas KPKP DKI. Nantinya benih langsung kita berikan sesuai kebutuhan," lanjut Ely.

Disebutkan, benih padi yang dipanen hari ini merupakan benih bersertifikat label ungu. Artinya, masih turunan kedua setelah label putih dan masih bisa dibenihkan menjadi label biru. Setelah label biru maka hasil panennya  untuk konsumsi, tidak bisa untuk benih lagi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11006 personNurito
  2. BMKG Prediksi Jaksel dan Jaktim Diguyur Hujan

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4689 personAnita Karyati
  3. 165 Pemudik Manfaatkan Layanan Kesehatan Posko PMI Jakarta Utara

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4681 personAnita Karyati
  4. Sudin Kesehatan Jakbar Layani Pemeriksaan Kesehatan 165 Awak Bus

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4673 personTP Moan Simanjuntak
  5. Puskesmas Duren Sawit Layani 300 Pasien Tiap Hari Selama Libur Lebaran

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4425 personNurito