You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jaktm Gelar Talk Show Ngobrol Asik PenyulPemkot Jaktim Gelar Talk Show Ngobrol Asik Penyuluh
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pemkot Jaktim Gelar Talk Show di Kebun Anggur

Pemerintah Kota Jakarta Timur dan Kementerian Pertanian RI, menggelar talk show ngobrol asyik (Ngobras) di area Kebun Anggur Imut Si Nakal Jl  Malaka II, Malakasari, Duren Sawit Jakarta Timur, Jumat (25/2). Kegiatan ini disiarkan melalui live streaming Kementerian Pertanian.

Jakarta Timur saat ini menjadi pioner program kampung buah.

Talk show yang mengusung tema "Anggur Matang Cuan Datang" ini menghadirkan narasumber Yatno Gondrong, petani Anggur Kebon Imut Si Nakal, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian RI, Dedi Nursyamsi, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat dan Penyuluh Pertanian Kota Jakarta Timur, Herniawati.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian RI, Dedi Nursyamsi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan memberikan kejutan pada Pemprov DKI Jakarta yang mampu memproduksi anggur berkualitas dengan sistem hidroponik. Seperti yang ada di Kebon Anggur Imut Si Nakal Malakasari ini.

648 Peserta Ikuti Webinar Penanaman dan Budi Daya Anggur

"Di Jakarta Timur juga ternyata program penanaman anggur luar biasa melalui urban farming. Untuk potensi pasarnya jangan ditanyakan lagi. Karena Jakarta menjadi pusat segalanya, apapun yang dijual pasti laku dan semua orang pasti doyan anggur," kata Dedi.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat menambahkan, ada 114 kelompok tani dan 17 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang aktif bercocok tanam. Di Jakarta Timur juga ada 65 RPTRA, 13 rusun yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan urban farming.

Hendra juga mengaku bangga, karena di Jakarta Timur ada kebun Anggur yang dibudidayakan secara baik dan menghasilkan yang baik.

"Jakarta Timur saat ini menjadi pioner program kampung buah. Sudah banyak tanaman produktif khususnya jenis Anggur dan Alpukat Cipedak yang ditanam. Targetnya pada Oktober 2022 akan dilakukan panen raya Anggur di Jakarta Timur," ujar Hendra.

Sementara, Yatno "Gondrong", petani Anggur Kebon Imut Si Nakal mengungkapkan,  saat ini di Kebon Imut Si Nakal Malakasari ada 90 jenis atau varian anggur dari 20 negara. Mayoritas dari Ukraina yang mudah perawatan dan cepat berbuah serta banyak diminati masyarakat.

Dia mengungkapkan, pihaknya melakukan pembibitan tanaman anggur dan dijual secara online. Setiap bulan rata-rata omset penjualannya sekitar Rp 20-25 juta.

"Karena bisnisnya secara online, pangsa pasarnya juga nasional. Misalnya dari Jayapura, NTT, Payakumbuh, Sulawesi dan kota lainnya di Indonesia," kata Yatno.

Menurutnya, program penghijauan di wilayahnya dilakukan sejak 2018 lalu. Namun khusus untuk tanaman anggur baru digelutinya pada 2019 lalu.

"Kami berharap, dukungan dari pemerintah dalam budidaya anggur ini terus berkelanjutan. Megingat tanaman anggur bukan tanaman asli Indonesia," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3017 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2943 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2881 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2684 personAldi Geri Lumban Tobing