You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kembangkan Budaya Membaca, Kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan 2 Kembali Dige
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Kembangkan Budaya Membaca, Kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan 2 Kembali Digelar

Dalam rangka mendukung Jakarta sebagai City of Literature, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta berkomitmen untuk menumbuhkan budaya gemar membaca dan kultur literasi secara berkesinambungan.

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini sangat tinggi

Melalui kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA), Pemprov DKI terus memberi layanan perpustakaan dan memberi kemudahan akses bagi masyarakat dalam memperoleh buku-buku bacaan.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya gemar membaca dan kultur literasi secara berkesinambungan, mulai dari kelompok masyarakat terkecil yaitu keluarga.

Kegiatan IKRA Triwulan I Diikuti 3.193 Keluarga di Jakarta

“Antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini sangat tinggi. Pada Triwulan 1 tahun 2022, tercatat 3.193 keluarga di Jakarta berpartisipasi mengikuti kegiatan IKRA. Angka tersebut melampaui target sebesar 2.000 keluarga yang ditetapkan sebelumnya. Ini menunjukkan banyak masyarakat yang mulai menjadikan membaca sebagai budaya yang memberi banyak manfaat,” terang Wahyu Haryadi di Kantor Dispusip Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Timur seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Selasa (12/4).

Sementara pada triwulan 2, Dispusip Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan ribuan bahan bacaan untuk dipinjamkan dan dimanfaatkan oleh keluarga di Provinsi DKI Jakarta.

Bahan bacaan yang telah disiapkan ini, akan didistribusikan ke kelurahan untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat melalui unsur PKK. Bahan bacaan tersebut bervariasi jenisnya, antara lain buku cerita atau dongeng untuk anak, serta buku pengetahuan dan keterampilan untuk orang tua.

Bahan bacaan akan dipinjamkan selama 14 hari atau lebih. Peserta dapat memanfaatkannya melalui kegiatan membaca dan meringkas bahan bacaan tersebut bersama keluarga.

Selanjutnya peserta dapat melakukan publikasi hasil membaca dan meringkas pada akun media sosial milik masing-masing peserta dalam bentuk foto dan video.

Kegiatan membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan tersebut diharapkan membuat peserta tidak hanya memahami isi bahan bacaan, namun juga memperoleh ide atau gagasan yang inovatif untuk berkarya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta memberikan e-sertifikat kepada seluruh peserta IKRA. Sedangkan kepada lima peserta terbaik akan dipilih untuk memperoleh hadiah goodiebag berisi buku dan alat tulis.

Dalam pelaksanaan IKRA, Dispusip DKI berkolaborasi dengan Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta, unsur kecamatan, unsur kelurahan, dan unsur PKK.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5898 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4644 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3300 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3263 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3140 personFolmer