You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tim P3W Jaktim Telusuri Saluran Air Pemicu Banjir di Cawang
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Tim P3W Jaktim Telusuri Saluran Air Pemicu Banjir di Cawang

Tim Pengendalian Pengawasan Pembangunan Wilayah ( TP3W) Jakarta Timur, Rabu (13/4), menelusuri saluran air pemicu genangan di wilayah RT 04 dan 05 RW 01, Kelurahan Cawang. Saluran eksisting ini sudah timbun puing bangunan setinggi empat hingga lima meter.

Sebelum membuat saluran air, kita survei dulu lokasinya

Penelusuran saluran ini dilakukan saat survei lokasi untuk pembuatan saluran outlet dari Waduk Cawang ke Kali Ciliwung. Survei melibatkan Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Timur, Sudin Sumber Daya Air, Badan Pengelola Aset Daerah, Bagian Hukum, Sudin Bina Marga, Sudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP), serta aparatur kelurahan dan kecamatan.

Kepala Bagian (Kabag) PKLH Jakarta Timur, Sarjono mengatakan, dalam mengatasi banjir di RT 04 dan 05 RW 01 Cawang, pihaknya akan membuat saluran air sepanjang 100 meter. titiknya mulai dari outlet waduk yang saat ini tengah dibangun pihak pengembang menuju arah Kali Ciliwung.

SDA Jaktim akan Bangun 20 Titik Saluran Air

“Sebelum membuat saluran air, kita survei dulu lokasinya. Karena katanya ada saluran eksisting yang dibangun tahun 1986 silam. Namun saat ini kondisinya sudah tertutup rapat dan kita harus cari lagi saluran air tersebut,” kata Sarjono.

Menurutnya, saluran eksisting sulit ditemukan karena puing bangunan yang digunakan untuk menguruk ketinggiannya mencapai empat hingga lima meter. Dampaknya setiap hujan deras, pemukiman warga tergenang.

“Kita akan telusuri dulu eksisting saluran air yang ada dari waduk ke Kali Ciliwung, terutama yang melewati lahan milik PT Metropolitan Development. Kemudian kita patok sesuai trase yang ada di rekomtek Dinas SDA,” ungkap Sarjono.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri menjelaskan, hasil rekomtek Dinas SDA DKI untuk mengatasi genangan di RW 01 Cawang agar dibuatkan saluran air baru. Karena jika harus mencari saluran eksisting yang dibangun tahun 1986 butuh waktu lama.

Diungkapkan Saugi, pencarian saluran air eksisting sudah dilakukan tiga hari berturut-turut dengan menggunakan alat berat. Dikhawatirkan jika terus dipaksakan akan berdampak persoalan baru. Yakni air dari Kali Ciliwung akan mengalir ke pemukiman warga melalui saluran air yang ada.

“Jadi, perlu dibuatkan saluran air yang baru. Namun tadi pemilik lahan ada yang keberatan. Nah ini akan dibahas lagi di tingkat kota," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3754 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3333 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2785 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2730 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2658 personFolmer