You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PMI DKI Gelar Pers Tour Halal Bihalal
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

PMI DKI Gelar Pers Tour Halalbihalal

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar kegiatan pers tour dan halalbihalal media di Unit Donor Darah (UDD) DKI Jakarta, Kamis (12/5).

Urusan PMI tidak hanya tentang darah

Selain bersilaturahim dan menjabarkan program kepalangmerahan, rekan media yang hadir dipersilakan melakukan tur ke UDD PMI DKI Jakarta.

PMI DKI Berencana Buka Gerai Donor Darah di JIS

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) PMI DKI Jakarta, M Azis mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya PMI mendekatkan diri kepada insan media. Diharapkannya, rekan-rekan media yang hadir lebih memahami fungsi dan program kepalangmerahan yang diemban PMI sebagai organisasi kemanusiaan.

"Urusan PMI tidak hanya tentang darah. PMI ada di situasi bencana, konflik maupun lokasi yang membutuhkan bantuan kemanusiaan," katanya.

Dilanjutkan Azis, sebagai organisasi sosial kemanusiaan PMI memiliki sifat independen yang bermitra dengan pemerintah memastikan ketersediaan stok darah. Selain itu, sesuai tugasnya, PMI di antaranya juga fokus terhadap bidang penanggulangan bencana, wabah dan sanitasi.

Kepala UDD PMI DKI Jakarta, Ni Ken Ritchie menambahkan, selama ini pihaknya memahami banyak pertanyaan dari masyarakat tentang kesulitan mencari dan ada biaya untuk mengakses kebutuhan darah. Sementara, darah yang diperoleh dari masyarakat merupakan hasil donor.

"Dalam mengolah darah itu ada prosesnya. Mulai dari penyediaan kantong, tes HIV, hepatitis dan pengolahannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit," ujarnya.

Namun demikian, dipastikan Ni Ken, bagi warga Jakarta yang memiliki BPJS Kesehatan cukup melampirkan fotokopi KTP dan KK maka akan mendapat layanan gratis. Secara teknis mereka bisa mengajukan permintaan melalui rumah sakit dan akan diproses dalam sistem yang sudah terbangun.

"Bagi masyarakat yang ingin melihat ketersediaan stok darah di DKI dan enam wilayah kota serta kabupaten bisa mengakses di aplikasi JAKI," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5640 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2943 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2714 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2647 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2585 personNurito