You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembuatan Outlet Waduk Cawang Terus Dikebut
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pembuatan Outlet Waduk Cawang Kerahkan Dua Alat Berat

Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, mengerahkan dua unit alat berat jenis wheel excavator medium dan ekskavator long arm, guna mempercepat pembuatan outlet Waduk Cawang di RW 01, Cawang, Kramat Jati.

Sejauh ini tidak ada kendala di lapangan

Menurut Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri, sebelumnya telah dikerahkan satu unit wheel excavator medium untuk melakukan penggalian saluran. Guna mempercepat pengerjaan, hari ini diturunkan lagi satu unit excavator long arm.

Dia menjelaskan, saluran sepanjang 87 meter akan digali dengan kedalaman antara 3 hingga 7 meter.Dalamnya lahan yang digali karena  banyak ditimbun puing material bangunan. 

Pemkot Jaktim Patok Lahan Untuk Pembuatan Outlet Waduk Cawang

"Pembuatan outlet saluran pembuangan dari Waduk Cawang ke Kali Ciliwung terus kita kebut.  Sejauh ini tidak ada kendala di lapangan," ujar Saugi, Rabu (18/5).

Saugi mengungkapkan, nantinya setelah dilakukan penggalian menggunakan alat berat, langsung dipasangi beton U Ditch ukuran 1,2x1,2 meter sepanjang 87 meter.  Kemudian dikoneksikan dengan aliran kali alam sepanjang 50 meter. Kali alam ini akan dinormalisasi dan dipasangi turap batu kali tinggi 1,5 meter lebar 2 meter. Di lokasi saat ini sudah disiapkan 20 beton U-ditch.

"Untuk mencegah terjadinya longsor dampak dari penggalian, nantinya setelah beton U-ditch terpasang, akan dipasangi kayu dolken di sisinya," lanjut Saugi

Selama pembangunan waduk dan outlet saluran pembuangan, kata Saugi, pihaknya juga menyiagakan dua unit pompa mobile kapasitas 300 liter per detik untuk antisipasi adanya genangan di pemukiman warga RT 04 dan 05, RW 01, Cawang.

Harapannya, jika waduk ini sudah jadi, air limbah dari warga dan Apartemen Signature Park serta dari air hujan di Jl Dewi Sartika  bisa masuk dan tertampung di Waduk Cawang. Kemudian dialirkan secara grafitasi melalui outlet saluran pembuang ke Kali Ciliwung.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2675 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2488 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2360 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2357 personTiyo Surya Sakti
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2226 personTP Moan Simanjuntak