You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga RW 01 CBU Ambil Nomor Hunian di Rusun CBU
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Besok, Warga Warga Terdampak Kebakaran Pasar Gembrong Mulai Huni Rusun CBU

Sebanyak 110 Kepala Keluarga warga RW 01 Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, yang terdampak kebakaran kawasan Pasar Gembrong, Senin (23/5), mengikuti pengambilan nomor hunian unit Rusun Cipinang Besar Utara (CBU).

Totalnya ada 110 KK yang akan direlokasi ke Rusun CBU.

Dalam giat yang dilakukan di lantai dasar Rusun CBU ini, warga yang datang  mendapat nomor hunian sesuai urutan absensi. Nantinya nomor itu akan ditukar dengan kunci flat dari petugas keamanan rusun.

Usai mengikuti pengambilan nomor undian, mereka kembali ke lokasi pengungsian di RW 01 CBU Pasar Gembrong menggunakan dua bus sekolah dan puluhan sepeda motor.

Rusun CBU Siap Tampung Warga Terdampak Kebakaran Pasar Gembrong

Sebelum mengambil nomor hunian unit, warga mengikuti sosialisasi terkait pola hidup selama berada di rusun. Sosialisasi dilakukan oleh pengelola rusun bersama aparatur kelurahan dan kecamatan.  

Menurut Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Sederhana Sewa (UPRS) VII DKI Jakarta, Arja, warga terdampak kebakaran kawasan Pasar Gembrong ini akan tinggal sementara di Rusun CBU selama proses revitalisasi atau pembangunan rumahnya berlangsung. Rencananya, pemindaham warga akan dilakukan Selasa (24/5) hingga Rabu (25/5) besok.

"Dipastikan hunian di rusun CBU ini sudah siap huni seluruhnya," ucap Arja.

Asisten Kesra Kota Jakarta Timur, Achmad Salahudin menyatakan, warga yang menempati rusun ini akan diberikan bantuan kasur, perlengkapan mandi dan kebutuhan makan minumnya.

"Totalnya ada 110 KK yang akan direlokasi ke Rusun CBU. Berbagai fasilitas akan diberikan pada warga, saat masuk rusun. Termasuk ada pelatihan-pelatihan kerajinan tamgan dan sebagainya," ungkap Salahudin.

Sementara Wakil Camat Jatinegara Endang Kartika menambahkan, warga yang sudah menandatangani surat perjanjian di atas meterai sudah bisa masuk ke unit rusun segera.

Pemkot Jakarta Timur, kata Endang, akan membantu proses pemindahan barang warga dari lokasi penampungan ke Rusun CBU.

"Jika warga sudah siap hari ini, maka hari ini juga akan kami selesaikan," tegasnya.

Ketua RT 05/01 Cipinang Besar Utara Mugiharto, memastikan akan mulai menempati rusun setelah selesai mengemas perabot rumah tangganya di lokasi pengungsian.

"Kemungkinan kita mulai pindah ke rusun itu Selasa besok atau Rabu lusa," ujarnya.

Wahyuningsih (44), seorang warga RT 02/01, mengaku sangat bersyukur bisa menempat sementara unit di Rusun CBU bersama suami dan seorang anaknya.

Menurutnya, hunian di Rusun CBU sangat layak, bersih dan nyaman. Fasilitasnya sangat memadai, ada dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur menyatu ruang tamu dan tempat jemuran di balkon.

"Alhamdulillah, kita sangat senang bisa masuk ke Rusun. Karena untuk membamgun rumah kembali belim ada biayanya. Sambil menunggu ada banruam rehab rumah, kita tinggal di rusun dulu," tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4652 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3012 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2836 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2809 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2800 personAnita Karyati