You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kelas Industri di Tiga SMKN se Jakarta Resmi Diluncurkan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Kelas Industri di Tiga SMKN Resmi Diluncurkan

Program link and match ini ujungnya bisa mengurangi pengangguran,

Kelas industri pada tiga sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di Jakarta hasil kerja sama dengan PT Komatsu Indonesia, resmi diluncurkan, Rabu (7/8).

3 SMK di Jakarta Berpartisipasi di Komatsu Technical Olympic 2018

Ketiga sekolah tersebut yakni SMKN 4 Jakarta, Jl Rorotan VI No 1, Cilincing; SMKN 36 Jakarta, Jl Baru Kosambi III Cilincing dan SMKN 35 Jakarta, Jl Kerajinan Kebin Sayur No 42, Krukut, Taman Sari.

Direktur Utama PT Komatsu Indonesia, Pratjojo Dewo mengatakan, kelas industri merupakan upaya menyelaraskan dan mendekatkan kebutuhan dunia industri dengan dunia pendidikan. Keberadaan dunia industri membutuhkan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu penunjang.

"Hasil analisa kami ada gap besar karakter. Karena itu, tahap awal kami tekankan kurikulum budaya kerja," ujarnya.

Dilanjutkan Dewo, setelah penanaman budaya kerja selanjutnya siswa dibekali keahlian dasar. Kurikulum pengecoran, perakitan dan las di tiap sekolah akan disesuaikan dengan kekhususan masing-masing.

Selain membuka kelas industri di sekolah, PT Komatsu juga memberikan program magang bagi siswa dan guru. Siswa yang dinilai layak selanjutnya bisa langsung direkrut sesuai aturan yang berlaku di perusahaan.

"Bagi yang tidak diterima pun diberikan sertifikat. Sehingga nantinya bisa untuk wirausaha atau ke perusahaan lain," tegasnya.

Kepala Seksi Perserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI, Waluyo Hadi mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan keinginan Dinas Pendidikan agar seluruh SMK di Jakarta bermitra dengan dunia industri.

Dijelaskan Waluyo, dukungan industri tersebut juga dapat meringankan sekolah memenuhi kebutuhan peralatan tanpa harus mengeluarkan anggaran. Kemudian, pelatihan bagi guru pun akan mentransfer ilmu pengetahuan sehingga para guru memiliki tambahan pengalaman dan pengetahuan.

"Program link and match ini ujungnya bisa mengurangi pengangguran. Ke depan kami berharap setidaknya tujuh sekolah lagi bisa dibina PT Komatsu," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4595 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2953 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2780 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2751 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2744 personAnita Karyati