You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Anggota Komisi A Ini Ingin Pasar Minggu Jadi Ikon Sentra Buah di Jakarta
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Anggota Komisi A Ini Ingin Pasar Minggu Jadi Ikon Sentra Buah

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan ingin Pasar Minggu kembali menjadi sentra buah-buahan yang dapat menjadi salah satu ikon kota Jakarta layaknya tahun 1960 sampai 1980-an.

Pasar Minggu kala itu identik dengan pasar buah-buahan,

Dia menjelaskan, berangkat dari sejarahnya, keragaman buah membuat nama Pasar Minggu tersohor hingga ke pelosok negeri. Selain itu, lagu Papaya Cha Cha yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Adikarso tahun 1955 sangat merepresentasikan Pasar Minggu di masa itu.

"Pasar Minggu kala itu identik dengan pasar buah-buahan. Kini kondisi Pasar Minggu berubah, tidak lagi sebagai sentra buah seperti dulu. Walaupun saat ini masih ada buah-buahan, tapi kebanyakan dipasok dari luar atau impor," ujar August saat melakukan reses menyerap aspirasi warga Jalan Ampera Raya Gang Kancil RT 03/09, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (11/8).

Anggota Komisi A Sambangi Warga Lenteng Agung

Untuk itu, dia meminta Dinas PPKUKM DKI Jakarta melakukan penataan lokasi pedagang buah dan menjadikannya sebagai binaan. Selain sebagai ikon kota Jakarta, perekonomian pedagang buah lokal bisa kembali menggeliat.

"Justru seperti itu mendukung perputaran roda perekonomian, memberikan pemasukan dan pendapatan bagi para pedagang buah. Bisa dicarikan tempat lain tapi masih di Pasar Minggu. Di situ memang sejarahnya dijual berbagai jenis buah produk lokal," kata August.

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini diharapkan perekonomian warga khususnya pedagang buah di Pasar Minggu membaik. Menurutnya, penataan pedagang buah di Pasar Minggu juga bisa menjadi solusi terhadap kekhawatiran masuknya buah-buah impor masuk ke sana.

"Itu sudah berlangsung lama, saya setuju dan ingatkan warga belilah produk lokal. Yang kami harapakn sebenarnya dengan adanya situasi ini warga-warga ini perlu dibina untuk kuliner, khususnya buah," tandas August.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4355 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3717 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3539 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3521 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3481 personAnita Karyati