You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Bapenda DKI Buka Gerai Samsat di Aeon Mall Cakung

Bapenda DKI Buka Gerai Samsat di Aeon Mall Cakung


Reporter: Adriana Megawati
Editor: Rio Sandiputra

18 November 2020 15:39 WIB | Dibaca 371 X

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, PT Jasa Raharja, Bank DKI hadirkan gerai samsat di Aeon Mall Jakarta City Garden.

Kepala Bidang Pendapatan Pajak II Bapenda DKI Jakarta, Carto mengatakan, hadirnya gerai samsat ini seiring dengan pesatnya laju pertumbuhan kendaraan bermotor. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sendiri merupakan salah satu sumber pendapatan daerah bersama 12 jenis pajak lainnya di DKI Jakarta.

"Salah satu upaya kita memperbanyak loket pelayanan kepada wajib pajak, dengan mendirikan gerai Samsat di pusat-pusat keramaian," kata Carto, Rabu (18/11).

Ia melanjutkan, gerai samsat ini berada di Cakung, Jakarta Timur dan melayani pembayaran tahunan kendaraan bermotor. Pelayanan ini tidak hanya di wilayah Jakarta Timur saja, namun juga untuk seluruh wilayah Jadetabek melalui layanan Samsat Online 3 Provinsi di wilayah hukum Polda Metro Jaya (DKI, Jabar dan Banten).

Selain itu, tujuan dibukanya gerai ini salah satu upaya dari pihaknya untuk mengurai kepadatan di Samsat Induk. Dengan demikian, protokol kesehatan Covid-19 tetap dapat diterapkan.

Untuk diketahui, hingga per 17 November 2020, realisasi PKB di DKI Jakarta mencapai sekitar Rp 6,8 triliun dari target sebesar Rp 8 triliun rupiah. Sedangkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) mencapai sekitar Rp 3,1 triliun dari target sebesar Rp 3,7 trilun.

"Letak gerainya berada di lantai Basement 1 area C. Harapannya dengan diberikan kemudahanan pelayanan pajak kendaraan yang profesional, modern dan terpercaya ini dapat memberi manfaat dalam menggali pendapatan asli daerah," tandasnya.