You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Jakarta Bersama B2W Indonesia Gelar Kegiatan Bersepeda Dengan Dubes Negara G20
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Jakarta Bersama B2W Indonesia Gelar Kegiatan Bersepeda dengan Dubes Negara G20

Merayakan Hari Bersepeda Sedunia yang jatuh pada Jumat (3/6), Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Bike to Work (B2W) Indonesia mengadakan kegiatan bersepeda sambil piknik bersama para duta besar negara-negara G20. Kegiatan ini juga merupakan salah satu forum pilar pra agenda Presidensi G-20, dengan kepemimpinan bersama Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat untuk agenda U20.

Falsafah kegiatan ini adalah diplomasi, yakni diplomasi sepeda

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang memimpin sekaligus menjadi tuan rumah pertemuan para wali kota sedunia U20 menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. Gubernur Anies juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersepeda bersama para duata besar negara-negara G20 di Jakarta.

“Hari ini adalah World Bicycle Day, tanggal 3 Juni kita merayakan, memperingati hari ini dengan groundbreaking Bicycle Lounge di Dukuh Atas. Kemudian kita bersepeda bersama-sama dengan para duta besar dan juga komunitas pesepeda. Kita di Jakarta menghadapi efek dari global warming dan salah satu penyebabnya adalah polusi udara yang masif. Karena itu kita perlu bersama-sama mengurangi problem lingkungan itu dengan melakukan action di tingkat lokal.,” kata Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Jumat (3/6).

JXB Canangkan Pembangunan Bike Lounge di Stasiun BNI City

Di sisi lain, Gubernur Anies juga mengatakan bahwa Pemprov DKI terus mendorong budaya bersepeda yang termasuk kendaraan bebas emisi. DKI Jakarta juga telah membangun sekitar 90 kilometer jalur sepeda, dengan harapan dapat mencapai target 500 kilometer jalur sepeda di seluruh Jakarta.

"Lalu kita ingin dengan cara seperti itu jumlah polutan berkurang, di sisi lain kita membangun dan merenovasi lebih dari 100 taman di Jakarta selama 4 tahun ini. Di situ akan produksi oksigen, udara yang bersih. Jadi satu sisi mengurangi polusinya, sisi lain menambah kualitas udara baiknya,” lanjut Gubernur Anies.

Kemudian Gubernur Anies turut berharap Jakarta bisa menjadi kota yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Sehingga, kegiatan bersepeda dengan para duta besar negara-negara G20 menjadi salah satu bagian dari empat isu utama yang menjadi tema presidensi, yakni tema transisi energi lestari.

"Pentingnya memasukkan isu transportasi ramah lingkungan ke dalam tema ini karena agenda pembahasan tentang upaya menanggulangi dampak pemanasan suhu permukaan bumi dan krisis iklim sudah digaungkan dan didesakkan di berbagai forum global," pungkas Gubernur Anies.

Perlu diketahui, dalam konferensi akbar tentang iklim di Glasgow pada November tahun lalu, misalnya, 300 lebih organisasi masyarakat sipil sedunia secara terbuka menyurati pemerintah negara-negara peserta. Bahkan, pada Maret lalu Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi yang menyerukan untuk diintegrasikannya penggunaan sepeda ke dalam sistem transportasi.

Sebagai kolaborator, B2W Indonesia, merancang kegiatan bersepeda ini sebagai sebuah trip untuk berpiknik di taman, yakni di Lapangan Banteng. Di sini suasana diatur selayaknya pesta kecil pada pagi hari. Selain beramah-tanah sambil menikmati hidangan penganan ringan peserta juga dihibur dengan sajian musik daerah.

”Falsafah kegiatan ini adalah diplomasi, yakni diplomasi sepeda. Tujuannya, di samping bagian dari keramahtamahan tuan rumah sebagai pelaksana Presidensi G20 Indonesia, sekaligus ketua U20, adalah untuk memperlihatkan apa yang telah dilakukan Jakarta dalam mengakomodasi penggunaan sepeda untuk bermobilitas sekaligus, secara tak langsung, mengajak peserta untuk menyampaikan isu sepeda sebagai solusi di sektor transportasi dan energi ke pihak-pihak yang terlibat dalam pembicaraan di forum-forum G20," kata Fahmi Saimima, Ketua Umum B2W Indonesia.

Dalam kegiatan ini, B2W Indonesia juga berkolaborasi dengan United Bike yang menyediakan sepeda gunung edisi khusus berdesain G20, dengan bendera setiap negara anggota. Sepeda-sepeda ini digunakan oleh para duta besar dan peluncuran keberadaannya menjadi salah satu acara di tempat tujuan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3805 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3384 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2838 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2780 personTP Moan Simanjuntak
  5. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2723 personNurito