You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Biro Kesra Terus Pantau Pembangunan Kampung Susun Bayam
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Biro Kesos Terus Monev Pembangunan Kampung Susun Bayam

Biro Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setdaprov DKI Jakarta terus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap progres pembangunan Kampung Susun Bayam yang masuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) 10 tentang Pembangunan Jakarta Internasional Stadium.

Total ada 138 unit hunian

Kepala Biro Kesos Sekdaprov DKI Jakarta, Iwan Kurniawan mengatakan, Kampung Susun Bayam terdiri dari tiga blok/gedung dengan empat lantai.

"Total ada 138 unit hunian. Hunian ini

Penataan Kampung Susun Bayam Diapresiasi Anggota DPRD DKI

diperuntukkan bagi 135 kepala keluarga (KK) ditambah dengan tiga unit hunian khusus penyandang disabilitas," ujarnya, Sabtu (18/6).

Iwan menjelaskan, unit hunian memiliki luas 36 meter persegi dengan layout ruangan meliputi dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga, balkon dan tempat menjemur pakaian.

"Kampung Susun Bayam juga memiliki fasilitas pendukung seperti unit usaha warga, koperasi dan gudang, musala, tempat wudu, taman kanak-kanak dan perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, serta ramp difabel," terangnya.

Iwan menuturkan, desain Kampung Susun Bayam mengusung konsep Mezzanine atau Hunian Bertumbuh. Artinya, pada satu lantai bangunan terdapat dua lantai fungsional.

"Permukiman seluas 11,8 hektare tersebut akan dikerjakan tepat pembiayaan, tepat waktu dan tepat kualitas. Sehingga, pada September 2022 pembangunannya ditargetkan dapat selesai," ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan Kampung Susun Bayam tidak akan menghilangkan penghidupan atau mata pencaharian warga yang sebelumnya banyak berprofesi sebagai petani perkotaan atau urban farmer.

"Nantinya yang berprofesi sebagai petani dapat meneruskan profesinya, sehingga menjadi contoh di samping stadion bertaraf internasional, berdampingan dengan masyarakat petani perkotaan," bebernya.

Iwan menambahkan, selain hunian, penghidupan warga direncanakan melibatkan semua sektor. Hingga saat ini, sebanyak 135 kepala keluarga (KK) sudah lolos seleksi bekerja di JIS apabila sudah beroperasi. Seluruh keluarga tersebut diseleksi untuk bekerja di JIS seperti tenaga sekuriti, teknisi maupun kebersihan.

"Sampai saat ini jumlah seluruhnya 135 KK yang sudah lolos seleksi," tandasnya.

Untuk diketahui, Kampung Susun Bayam merupakan permukiman warga yang menjadi bagian dari ekosistem yang tidak terpisahkan dengan Jakarta International Stadium (JIS) dari aspek historis. Fasilitas ini didedikasikan guna menyambut masa depan bersama dengan wajah baru kampung yang resik dan hijau.

Kampung Susun Bayam menyampaikan pesan bahwa pembangunan fisik JIS, seiring dan sejalan dengan memajukan dan membangun lingkungan masyarakat di sekitarnya. Pada tanggal 7 Mei 2022 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah meletakan batu pertama pembangunan kampung Susun Bayam.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4618 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3987 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3966 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3804 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2872 personAnita Karyati