You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Optimis JaKreatiFest 2022 Dukung Kemajuan UMKM
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Optimis JaKreatiFest 2022 Dukung Kemajuan UMKM dan Percepat Pemulihan Ekonomi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Opening Ceremony Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) Tahun 2022 yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta, di Mall Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (16/6). Pemprov DKI Jakarta optimis dengan dukungan, inovasi, serta kolaborasi dari berbagai pihak yang dapat memajukan UMKM, sehingga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kota Jakarta.

Memotivasi UMKM sehingga perekonomian di Jakarta dapat terus maju

"Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta terus membaik seiring pertumbuhan ekonomi nasional. Pemulihan ini tentu didukung oleh keberhasilan kita bersama dalam penanganan COVID-19. Kami meyakini perputaran roda ekonomi semakin cepat. Kami berharap kegiatan JaKreatiFest memotivasi UMKM sehingga perekonomian di Jakarta dapat terus maju," ucap Wagub Ariza dalam sambutannya, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya Wagub Ariza berharap ke depan, kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak akan terus berlanjut. Pendekatan kolaborasi ini dirasa sangat penting dilakukan, sebab pemulihan sektor-sektor terdampak dan penguatan berbagai sumber pertumbuhan ekonomi baru tetap perlu terus dikawal bersama-sama agar pertumbuhan ekonomi tidak hanya melaju cepat, tetapi juga berdaya saing global, inklusif dan berkelanjutan.

Jakpreneur Kepulauan Seribu Dilatih Mengolah Buah Sukun

Ia juga meyakini bahwa perputaran roda perekonomian akan semakin cepat dan pemulihan ekonomi akan terus berlanjut seiring dengan pelonggaran kapasitas dan ruang gerak seluruh sektor ekonomi termasuk UMKM, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Berlanjutnya pemulihan ekonomi ini tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, pelaku usaha, serta seluruh stakeholders.

"Saya juga ingin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta atas kontribusi nyatanya selama ini, baik dalam pengendalian inflasi, mendorong pertumbuhan investasi dan ekonomi, pengembangan UMKM dan digitalisasi, serta berbagai kolaborasi dengan kami di Pemprov DKI Jakarta, termasuk penyelenggaraan JaKreatiFest hari ini," kata Wagub Ariza.

Kolaborasi yang direalisasikan bersama, khususnya dalam konteks UMKM sangat sejalan dengan program Jakpreneur yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, implementasi QRIS Jakpreneur juga menjadi salah satu inovasi dalam upaya digitalisasi transaksi UMKM, tidak terkecuali dalam hal kemudahan pemantauan perkembangan transaksi melalui dashboard QRIS Jakpreneur.

"Setidaknya ada 120 kolaborator dalam program Jakpreneur. Berbagai terobosan Pemprov DKI Jakarta, antara lain telah mendapatkan izin usaha kecil menengah sebanyak 150 ribu. Pemasaran e-order, penyediaan cost Jakpreneur dan lain sebagainya," ungkapnya.

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman menghaturkan rasa syukur atas pelaksanaan JakreatiFest tahun ketiga tersebut. Di tengah ketidakpastian global, menurutnya Indonesia perlu memastikan peran UMKM. "Kami di BI terus melakukan komitmen menjadikan UMKM kita maju. Termasuk di Jakarta. Kami punya tiga pilar. Korporatisasi, kapasitas, pembiayaan; dilakukan dengan sinergi. Gerakan bangga buatan Indonesia, (dan) bangga pariwisata Indonesia. Semoga JaKreatiFest meningkatkan kreatifitas UMKM sebagai lokomotif perekonomian Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki optimis JaKreatiFest bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi dan  mendorong UMKM terus tumbuh. "Saya optimis JaKreatiFest semakin memacu UMKM berkembang kreativitasnya. Saya optimis kalau diberi pendampingan, akses pembiayaan, market, UMKM ini akan bertumbuh kembang. Kita masih punya PR besar mendorong UMKM go digital, yang kita sasar adalah yang mikro," pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaa kegiatan JaKreatiFest tahun 2022 ini juga berlangsung sebagai bagian dari perayaan “Jakarta Hajatan” Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-495, bersama berbagai event yang turut mendorong geliat perekonomian, khususnya pariwisata dengan semangat “Enjoy Jakarta”.

JaKreatiFest ketiga tahun ini terdiri dari tiga bagian. Pertama pada awal Juni 2022, berupa kegitan Webinar perlindungan konsumen yang diikuti sedikitnya 500 peserta. Kedua, hiburan selama tiga hari yang dimulai kemarin di Mall Sarinah. Ketiga, beberapa rangkaian acara lanjutan dalam rangka mendukung UMKM dan pemulihan ekonomi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3315 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2961 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2685 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2646 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2634 personAnita Karyati